RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI TINGKAT STRESS PADA MANUSIA BERBASIS ARDUINO UNO

HIDAYAH, NURIL (2020) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI TINGKAT STRESS PADA MANUSIA BERBASIS ARDUINO UNO. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stres dapat bersumber dari berbagai hal, banyak dampak negatif tanpa kita sadari yang diakibatkan oleh stres bagi kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang mampu digunakan untuk mengukur tingkat stres pada manusia secara otomatis sebagai alat untuk memonitoring kesehatan. Alat pendeteksi tingkat stress pada manusia ini menggunakan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kondisi ketegangan manusia dengan tiga parameter yaitu mengukur detak jantung menggunakan pulse sensor, temperatur/suhu tubuh menggunakan sensor suhu DS18B20 dan kelembapan kulit menggunakan galvanic skin response (gsr) sensor kemudian hasil datanya akan dikirim, diolah dan diproses menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno R3 dan diprogram pada software Arduino IDE untuk memproses informasi untuk menentukan tingkat kondisi stres seseorang yang diklasifikasikan menjadi 4 kondisi yaitu rileks, tenang, cemas, dan tegang. Pengambilan data dilakukan selama 1 menit dengan hasil data pengukuran ditampilkan pada layar monitor LCD. Berdasarkan hasil pengukuran perbandinganyang diperoleh, tingkat akurasi pulse sensor untuk pengukuran detak jantung sebesar 96,8%, hasil yang diperoleh tersebut merupakan perbandingan dengan Elektrokardiografi (EKG) jenis ECG-100G. Sedangkan tingkat akurasi sensor suhu DS18B20 untuk pengukuran suhu tubuh sebesar 99,69%, hasil tersebut merupakan perbandingan dengan termometer digital merek General Care. Berdasarkan hasil pengujian pengambilan data terhadap 10 subjek, diperoleh data bahwa terdapat 2 subjek dengan kondisi rileks, 6 subjek dengan kondisi tenang dan 2 subjek dengan kondisi cemas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : DenyutJantung, Suhutubuh, Kelembapankulit,Stress, Arduino Uno, Pulse Sensor, GSR Sensor,Sensor suhu DS18B20, LCD 20x4.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 06 Oct 2021 08:12
Last Modified: 06 Oct 2021 08:12
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item