ANALISA KOORDINASI SETTING RELE OCR DAN GFR SEBAGAI PENGAMAN TRANSFORMATOR PADA TRAFO DAYA 60 MVA #1 DI GARDU INDUK PRABUMULIH PT.PLN (PERSERO) MENGGUNAKAN APLIKASI MATHCAD

PRATAMA, M.RIZKY (2020) ANALISA KOORDINASI SETTING RELE OCR DAN GFR SEBAGAI PENGAMAN TRANSFORMATOR PADA TRAFO DAYA 60 MVA #1 DI GARDU INDUK PRABUMULIH PT.PLN (PERSERO) MENGGUNAKAN APLIKASI MATHCAD. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses penyaluran dari sistem tenaga listrik pasti tidak akan luput dari gangguan. Gangguan tersebut bisa berasal dari gangguan internal ataupun gangguan eksternal. Gangguan internal berasal dari peralatan listrik itu sendiri, sedangkan gangguan eksternal dapat disebabkan oleh faktor yang berasal dari luar peralatan salah satunya adalah gangguan hubung singkat fasa-fasa dan fasa-tanah. Gangguan tersebut dapat merusak peralatan yang ada pada sistem penyaluran. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem proteksi agar dapat melindungi peralatan pada sistem penyalurantersebut dari gangguan-gangguan yang dapatterjadi.BerdasarkanhasilanalisamenggunakanaplikasiMathCAD pada laporanini, hasilkoordinasisetting pada rele OCR Incoming sebagaipengamangangguansingkatfasa-fasadan rele GFR Incomingsebagaipengamangangguanhubungsingkatfasa-tanah pada TrafoDaya 60 MVA #1 di GarduIndukPrabumulihdapatkitalihathasilgrafik yang didapatkandarinilaisetting keduarele, dalamlaporaninihasilsettingkeduarelesudahsesuaidenganstandar yang telahditetapkanyaituketikaterjadigangguanhubungsingkatmakasistemkerjadarirele OCR dan GFR akanbekerjauntukmengamankantrafodaya. Keduareleiniakanbekerjaapabilasyaratsettingtelahterpenuhiyaitumelebihinilaisettingarus dan waktu yang terpasang pada reletersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Gangguan Hubung Singkat, Rele OCR, Rele GFR.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:44
Last Modified: 07 Oct 2021 07:44
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item