RANCANG BANGUN SOFTWARE PENDETEKSI KEBAKARAN MENGGUNAKAN TELEGRAM BERBASIS IOT

RAMANDA, RANI (2020) RANCANG BANGUN SOFTWARE PENDETEKSI KEBAKARAN MENGGUNAKAN TELEGRAM BERBASIS IOT. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Didaerah perkotaan memiliki perumahan yang padat penduduk sehingga berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh faktor kelalaian manusia maupun faktor alam. Permasalahan yang sering terjadi adalah saat kebakaran terjadi, satuan pemadam kebakaran sering kali datang terlambat, sehingga kerugian akibat kebakaran tersebut menjadi lebih besar. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang bekerja secara otomatis ketika kebakaran itu terjadi. Karena mengingat sering lambatnya penanganan kebakaran, suatu aplikasi yang dirancang untuk sistem pendeteksi kebakaran rumah penduduk yang terkoneksi langsung dengan satuan pemadam kebakaran sehingga kebakaran cepat teratasi, sistem ini menggunakan sensor suhu dan sensor asap berbasis IOT untuk mengukur suhu dan asap kebakaran, data yang diterima dari sensor akan dikirimkan ke server menggunakan internet. Sistem ini memanfaatkan aplikasi mobile dan web sebagai media untuk memberikan informasi lokasi kebakaran kepada satuan pemadam kebakaran terdekat. Setelah alat membaca dan merespon semua sensor maka alat akan mengirim pesan ke telegram berupa teks “Telah Terjadi Kebakaran Green Hill B1 No 10” sebagai notifikasi di Damkar.Koneksi internet sangatlah berpengaruh dalam kerja sistem ini karna cepat lambatnya respon alat ke telegram sangat bergantung pada konektivitas internet yang digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: (Kata Kunci : Arduino IDE, Telegram, wifi ,sensor Api, senor Asap, sensor suhu, NodeMCU, Internet of Think).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:52
Last Modified: 11 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10162

Actions (login required)

View Item View Item