PENINGKATAN KEKERASAN PISAU SADAP KARET PRODUK PANDAI BESI DENGAN PROSES HARDENING DAN QUENCHING ( VARIASI TEMPERATUR DAN MEDIA PENDINGIN )

PRATAMA, DIONI YOGA (2020) PENINGKATAN KEKERASAN PISAU SADAP KARET PRODUK PANDAI BESI DENGAN PROSES HARDENING DAN QUENCHING ( VARIASI TEMPERATUR DAN MEDIA PENDINGIN ). Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seringkali pisau sadap karet yang diproduksi oleh pandai besi mengalami retak dan rompal bahkan patah pada bagian mata pisaunya, sehingga petani karet harus sering menggantinya dengan pisau yang baru. Dengan demikian produk tersebut tidak bisa dipakai dalam waktu lama dan berkurang nilai ekonomisnya. Penyebab mudahnya pisau sadap karet buatan pandai besi ini rusak karena metode penyepuhan pada produk tersebut tidak dilakukan dengan benar. Sehingga produk yang dihasilkan memiliki tingkat kekerasan yang masih tergolong rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proseshardening dan quenching terhadap kekerasanpisau sadap karet produk buatan pandai besi. Data hasil pengujian dianalisis menggunakan ANOVA dengan desain level full factorial, desain model main effect, dan 3 replikasi dibantukan dengan perangkat lunak Design-Expert. Padatemperatur 800℃ nilaikekerasanmaksimum sebesar 62,8 HRC yang didapatdarihasilquenchingdenganmenggunakan media pendingin air, sementaranilai kekerasan minimum sebesar 62,2 HRC diperoleh dari media pendinginoli . Padatemperatur 850℃ nilaikekerasanmaksimumsebesar 60,4 HRC diperolehdarihasilquenchingmenggunakan media pendingin air, dannilaikekerasan minimum diperolehdari media pendinginolisebesar 59,1 HRC.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Baja pegas daun , Hardening , Quenching ; ANOVA; Full Factorial; Pisau sadap karet
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Mechanical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:43
Last Modified: 11 Oct 2021 07:44
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item