SISTEM KEAMANAN BERTINGKAT PADA BRANKAS MENGGUNAKAN KEYPAD, RFID, DAN FINGERPRINTSERTA DILENGKAPI DENGAN INTERNET OF THINGS (IOT) SEBAGAI PENGENDALI JARAK JAUH

ZALASENA, MOHD KAUTSAR RAFSAN (2020) SISTEM KEAMANAN BERTINGKAT PADA BRANKAS MENGGUNAKAN KEYPAD, RFID, DAN FINGERPRINTSERTA DILENGKAPI DENGAN INTERNET OF THINGS (IOT) SEBAGAI PENGENDALI JARAK JAUH. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text (Cover)
File I.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
File II.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN UMUM)
File III.pdf

Download (667kB)
[img] Text (BAB III PERANCANGAN SISTEM)
File IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
File V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan)
File VI.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VII.pdf

Download (105kB)

Abstract

Brankas merupakan suatu tempat penyimpanan yang dapat diandalkan. Sistem keamanan pada pintu brankas menjadi hal yang paling dilihat dalam ruang lingkup sistem keamanan yang sering digunakan, hal tersebut dikarenakan fungsi pintu brankas sebagai access utama untuk masuk seperti membuka atau menutup. Karena dapat digunakan untuk keamanan penyimpanan barang berharga seperti perhiasan, serta dokumen penting lainnya didalam rumah, ditoko ataupun dikantor. Memerlukan tempat penyimpanan yang kuat dan aman, salah satunya yaitu brankas. Brankas saat ini masih menggunakan kunci manual atau kode putar untuk membuka brankas. Kunci tersebut dapat hilang atau kode putar macet dan tidak dapat membuka brankas, dan jika barang hilang dari dalambrankas, diambil orang lain yang tidak bertanggungjawab, pemilik tidak mengetahui dikarenakan tidak ada informasi yang diterima pada saat kejadian itu terjadi. Penggunaan RFID (Radio Frequency Identification) yang berupa teknologi compact wireless yang diunggulkan untuk mentransformasi dunia komersial digunakan sebagai kontrol otomatis untuk banyak hal, salah satunya yaitu pada aplikasi sistem pengamanan brankas. Di dalam penggunaan sistem pengaman brankas, FingerPrint dan Keypadjuga berfungsi untuk masuk dan merupakan inti dari sistem keamanan ini. Untuk membuka brankas ketiga sistem keamanannya harus sudah terbuka semua, maka brankas tersebut akan terbuka. Disini juga terdapat Modul ESP8266 yang berfungsi sebagai komunikasi melalui android. Apabila pemilik tidak berada dirumah dan ada keluarga yang ingin mengambil sesuatu yang ada didalam brankas maka pemilik bisa membukakan pintu brankas melalui android yang terhubung dengan internet.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fingerprint, RFID, Keypad, NodeMCU ESP8266, Arduino Mega
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:44
Last Modified: 12 Oct 2021 03:46
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item