PEMBUATAN KATALIS BERBASIS KARBON AKTIF DARI TEMPURUNG KELAPA DIIMPREGNASI KOH (VARIASI KONSENTRASI DAN WAKTU IMPREGNASI)

PUTRI, NISA RACHMATIKA (2020) PEMBUATAN KATALIS BERBASIS KARBON AKTIF DARI TEMPURUNG KELAPA DIIMPREGNASI KOH (VARIASI KONSENTRASI DAN WAKTU IMPREGNASI). Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text (Cover)
File I.pdf

Download (557kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
File II.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File III.pdf

Download (541kB)
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
File IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File VI.pdf

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VII.pdf

Download (106kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan katalis heterogen berbasis karbon aktif sebagai penyangga yang diimpregnasi dengan KOH, serta untuk mengetahui pengaruh konsentrasi KOH dan waktu impregnasi. Bahan-bahan yang digunakan antara lain Tempurung Kelapa, Asam Klorida (HCl), Kalium Hidroksida (KOH) dan Aquades. Variabel-variabel yang diamati yaitu konsentrasi KOH yang diimpregnasi dan waktu impregnasi. Penelitian diawali dengan pembuatan karbon aktif dari tempurung kelapa dikarbonisasi pada furnacepada suhu 500oC selama 4 jam, kemudian dicuci dengan HCL 0,1 M. Setelah itu, karbon aktif diimpregnasi dalam larutan KOH dengan konsentrasi 1 N, 2N, 3 N, 4 N,dan 5 N selama 18 jam, 21 jam, dan 24 jam. setelah diimpregnasi, katalis dianalisis dengan AAS (Atomic Absorption Spectrofotometry) untuk melihat kandungan kalium yang terserap pada karbon aktif. Kemudian dilakukan analisa pada SEM (Scanning Electron Microscopy) untuk melihat karakteristik katalis yang telah dihasilkan. Kondisi terbaik yang menghasilkan katalis dengan kandungan kalium tertinggi setelah impregnasi, yakni sebesar 97,00% diperoleh pada konsentrasi KOH 5 N dengan waktu impregnasi 21 jam. Kemudian katalis tersebut digunakan pada pembuatan biodiesel dengan reaksi transesterifikasi. Sintesis biodiesel dilakukan dengan variabel tetap yaitu waktu reaksi 120 menit dengan pengadukan 600 rpm, dan rasio molar minyak : metanol 1:6 dan dengan variabel tidak tetap yaitu jumlah katalis serta suhu reaksi. dari hasil penelitian rendemen biosiesel yang maksimal dihasilkan sebesar 87,72% pada penambahan katalis 3% b/b minyak saat suhu 55oC.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tempurung Kelapa, Karbon Aktif, Karbonisasi, Impregnasi KOH, Biodiesel
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Chemical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 15 Oct 2021 09:02
Last Modified: 15 Oct 2021 09:03
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item View Item