FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELANJA DAERAH PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

AMERTA AGUSTINA, SHERLY (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELANJA DAERAH PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan. Populasi penelitian ini ialah 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder yang berasal dari website resmi Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (www.djpk.kemenkeu.go.id), dengan data runtut waktu (Time-Series) mulai dari tahun 2016 hingga 2020 (5tahun) dan data silang (Cross-section Data) sebanyak 17 Kabupaten/Kota, sehingga data panel atau sampel yang digunakan berjumlah 85 panel atau sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 25.00. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Dana Perimbangan, Lain-Lain Pendapatan Daerah yang Sah dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Secara parsial Pajak Daerah, Dana Perimbangan, Lain-Lain Pendapatan Daerah yang Sah, dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Selain itu Retribusi daerah tidak berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Dana Perimbangan merupakan variabel paling dominan dalam mempengaruhi Belanja Daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Belanja Daerah, Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Dana Perimbangan, Lain-Lain Pendapatan Daerah yang Sah dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Accounting > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:12
Last Modified: 22 Mar 2022 02:12
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10459

Actions (login required)

View Item View Item