PROTOTIPE HYDROCRACKING TANK REACTOR (HTR) SEBAGAI ALAT KONVERSI PELUMAS SAE 5W-30 BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR CAIR DENGAN PROSES HYDROCRACKING BERBASIS KATALIS

RAMLAN, MUHAMMAD REZA (2021) PROTOTIPE HYDROCRACKING TANK REACTOR (HTR) SEBAGAI ALAT KONVERSI PELUMAS SAE 5W-30 BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR CAIR DENGAN PROSES HYDROCRACKING BERBASIS KATALIS. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE 1_HALAMAN AWAL.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE 2_BAB 1.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
FILE 3_BAB 2.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
FILE 4_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
FILE 5_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
FILE 6_BAB 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

(Muhammad Reza Ramlan,2021, Laporan Tugas Akhir; 52 Halaman, 9 Tabel, 13 Gambar) Jumlah alat transportasi jenis mobil penumpang, mobil bis, mobil barang dan sepeda motor di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Jumlah alat transportasi pada tahun 2015 mencapai 105.303,318 juta sedangkan pada tahun 2016 mencapai 112.205,711 juta, naik 6,5 persen dari tahun sebelumnya. Dari hal tersebut diatas dapat dilihat bahwa alat transportasi di Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Seiring dengan hal tersebut, maka kebutuhan akan pelumas juga ikut meningkat. Akibat meningkatnya kebutuhan pelumas tersebut membuat limbah pelumas bekas juga ikut meningkat. Limbah pelumas bekas termasuk ke dalam kategori limbah B3 yang dapat menyebabkan pencemaran pada lingkungan. Limbah pelumas bekas yang dibuang dalam tanah akan menghambat resapan air. Melihat dari permasalahan diatas maka diperlukan solusi dalam penanganan limbah pelumas bekas menjadi sesuatu yang lebih berguna seperti bahan bakar cair. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat prototipe pengolahan limbah pelumas SAE 5W-30 bekas menjadi bahan bakar cair menggunakan metode hydrocracking dengan bantuan katalis Ni/Zaa. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengaruh variasi suhu 300 °C, 350 °C, 400 °C, 450°C, 500°C. Sedangkan variabel tetap yang digunakan pada penelitian ini adalah jumlah umpan pelumas bekas sebanyak 641,10 ml. Adanya variasi variabel bebas diharapkan mampu menghasilkan bahan bakar cair yang memenuhi standar bahan bakar bensin dan solar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Limbah Pelumas5W-30 Bekas, Bahan Bakar Cair, Hydrocracking, Katalis Ni/ZAA.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Chemical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:00
Last Modified: 09 Jan 2023 02:00
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item