Yusuf, Jaka Hidayat (2021) RANCANG BANGUN TEROWONGAN UDARA SIRKUIT TERBUKA SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN AERODINAMIS (PERAWATAN DAN PERBAIKAN). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
.COVER.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (730kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III PEMBAHASAN)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV PROSES PEMBUATAN, PENGUJIAN, PERAWATAN & PERBAIKAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya semua fenomena aerodinamika yang terjadi pada pesawat disebabkan karena adanya gerakan relatif dari udara di sepanjang bentuk airfoil pesawat. Dalam mensimulasikan semua fenomena aerodinamika yang terjadi pada pesawat dibutuhkan sebuah alat bernama terowongan udara. Penggunaan terowongan udara dapat mensimulasikan gaya angkat, gaya hambat, aliran udara, serta pergerakan airfoil merupakan hal yang menarik. Rancang bangun dengan judul “Rancang bangun Terowongan Udara Sirkuit Terbuka Sebagai Alat Pembelajaran Aerodinamis” memiliki rumusan masalah bagaimana perbedaan gaya angkat dan koefisien gaya angkat yang dipengaruhi oleh perbedaaan kecepatan udara. Tujuan rancang bangun ini adalah untuk pengaruh dari perbedaan kecepatan udara terhadap gaya angkat dan koefisien gaya angkat. Pengujian dilakukan pada airfoil NACA 4412 dengan loadcell sebagai alat ukur berat, anemometer sebagai alat ukur kecepatan udara, joystick sebagai pengatur throttle dari motor dc dan motor servo sebagai pengatur Angle of Attack Elevator. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa contraction dan test chamber serta throttle motor dcmempengaruhi dari perbedaan kecepatan udara yang dihasilkan. Perubahan AoA dari airfoil dan AoA elevator serta tingkatan throttle sangat mempengaruhi hasil gaya angkat dan koefisien gaya angkat yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengujian, Kecepatan Udara, Gaya Angkat |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Mechanical Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:07 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:07 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |