RANCANG BANGUN TEROWONGAN UDARA SIRKUIT TERBUKA SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN AERODINAMIS (PERAWATAN DAN PERBAIKAN)

Yusuf, Jaka Hidayat (2021) RANCANG BANGUN TEROWONGAN UDARA SIRKUIT TERBUKA SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN AERODINAMIS (PERAWATAN DAN PERBAIKAN). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
.COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text (BAB III PEMBAHASAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PROSES PEMBUATAN, PENGUJIAN, PERAWATAN & PERBAIKAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya semua fenomena aerodinamika yang terjadi pada pesawat disebabkan karena adanya gerakan relatif dari udara di sepanjang bentuk airfoil pesawat. Dalam mensimulasikan semua fenomena aerodinamika yang terjadi pada pesawat dibutuhkan sebuah alat bernama terowongan udara. Penggunaan terowongan udara dapat mensimulasikan gaya angkat, gaya hambat, aliran udara, serta pergerakan airfoil merupakan hal yang menarik. Rancang bangun dengan judul “Rancang bangun Terowongan Udara Sirkuit Terbuka Sebagai Alat Pembelajaran Aerodinamis” memiliki rumusan masalah bagaimana perbedaan gaya angkat dan koefisien gaya angkat yang dipengaruhi oleh perbedaaan kecepatan udara. Tujuan rancang bangun ini adalah untuk pengaruh dari perbedaan kecepatan udara terhadap gaya angkat dan koefisien gaya angkat. Pengujian dilakukan pada airfoil NACA 4412 dengan loadcell sebagai alat ukur berat, anemometer sebagai alat ukur kecepatan udara, joystick sebagai pengatur throttle dari motor dc dan motor servo sebagai pengatur Angle of Attack Elevator. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa contraction dan test chamber serta throttle motor dcmempengaruhi dari perbedaan kecepatan udara yang dihasilkan. Perubahan AoA dari airfoil dan AoA elevator serta tingkatan throttle sangat mempengaruhi hasil gaya angkat dan koefisien gaya angkat yang signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengujian, Kecepatan Udara, Gaya Angkat
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Mechanical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:07
Last Modified: 09 Jan 2023 02:07
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11190

Actions (login required)

View Item View Item