IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA AJAR MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI PADA MATERI SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Nurhaasyiri, Azmirianda Muhammad (2021) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA AJAR MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI PADA MATERI SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
1. Cover, Pengesahan, Lembar Persetujuan, Moto, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. Bab I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
3. Bab II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
4. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
6. BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Objek Penelitian (Azmirianda).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting bagi keberhasilan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Virtual reality sebagai media pembelajaran memungkinkan penggunanya terlibat langsung secara aktif terhadap lingkungan virtualnya dan dapat melakukan hal-hal yang mustahil dilakukan di dunia nyata. Maka dari itu, dengan dibuatnya skripsi tentang Implementasi Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Ajar Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Pada Materi Sejarah Perkembangan Komputer, penulis memiliki tujuan untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan fleksibel. Selain itu juga dilakukan penelitian terhadap keberhasilan media pembelajaran berbasis virtual reality ini melalu 2 aspek, yaitu aspek daya tarik yang dinilai oleh para ahli bidang multimedia, serta aspek kualitas informasi dan tampilan yang dinilai oleh mahasiswa/I Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya. Dalam pengembangan media pembelajaran berbasis virtual reality ini menggunakan metode penelitian pengembangan multimedia yaitu Luther dan skala Likert guna menghitung kuesioner yang diberikan saat sosialisasi media pembelajaran. Responden dalam penelitian ini berjumlah 3 orang ahli dan 100 orang mahasiswa/i, yang didapatkan dari penyebaran kuesioner online. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai penilaian kelayakan media pembelajaran bebasis virtual reality yang didapat dari 3 orang responden ahli sebesar 64,9% dan berada dikategori “Baik” dan nilai yang didapat dari 100 orang responden mahasiswa/i sebesar 79,7% dan berada dikategori “Baik.”

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Virtual Reality, Sejarah Perkembangan Komputer �
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:14
Last Modified: 06 Oct 2022 08:14
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item