PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEGITIGA EKSPOSUR

Syahid, Awal Millan (2021) PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEGITIGA EKSPOSUR. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 LATAR BELAKANG)
FILE 2.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
FILE 3.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
FILE 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
FILE 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
FILE 6.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 7.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Implementasi virtual reality sebagai media pembelajaran untuk segitiga eksposur ini berfungsi sebagai permulaan dan contoh rancangan untuk mengimplementasikan virtual reality sebagai media pembelajaran baru untuk mata kuliah di masa depan. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang merupakan metode paling sesuai dengan menekankan 6 tahap pengembangan yaitu konsep, desain, pengumpulan data, pemasangan, pengujian, dan distribusi. Kebutuhan implementasi virtual reality ini adalah perangkat keras berupa laptop/komputer dan virtual reality headset seperti Oculus Quest 2 beserta perangkat lunak cross-platform game engine untuk mempermudah pembuatan aplikasi virtual reality seperti Unity, pengedit foto, pengedit video, dan code editor seperti Visual Studio. Pengumpulan data implementasi virtual reality ini menampilkan 12 video mengenai mata kuliah fotografi dasar. Hasil pengujian didapatkan dari responden kuesioner dengan menyatakan aplikasi berfungsi dengan baik dan didistribusi ke alat Oculus Quest 2 pada pengujian dan aplikasi dapat digunakan kapan pun pada alat tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Virtual Reality, Media Pembelajaran, Segitiga eksposur, MDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:12
Last Modified: 06 Oct 2022 08:12
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11446

Actions (login required)

View Item View Item