MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI MATA KULIAH TEORI MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER

HANIFAH, SARAH (2021) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI MATA KULIAH TEORI MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
File I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
File II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
File IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
File VI.docx

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VI.docx

Download (28kB)

Abstract

Perkembangan pembelajaran digital yang sudah menjadi hal utama tentunya harus diikuti dalam proses perkuliahan. Proses pembelajaran teori mikroprosesor dan mikrokontroler di Jurusan Teknik Komputer masih menggunakan media pembelajaran konvensional, jadi masih terdapat kekurangan dalam proses pembelajaran. Seperti, mahasiswa yang tidak paham tentang materi pembelajaran, proses pembelajaran yang masih kurang menarik dan sulit dipahami hanya dengan membaca materi. Maka perlu adanya pengembangan dalam proses pembelajaran dengan membuat video animasi 2D untuk menjelaskan topik dari matakuliah. Tujuan dari penelitian adalah (1) Membuat media pembelajaran mata kuliah teori mikroprosesor dan mikrokontroler dalam bentuk video animasi 2D. (2) Mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran mata kuliah teori mikroprosesor dan mikrokontroler berbasis video animasi 2D. Pembuatan video pembelajaran animasi dua dimensi ini menggunakan metode penelitian pengembangan multimedia Luther dan statistika deskriptif guna menganalisa hasil kuisioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 44 orang yang terdiri dari seorang ahli materi, 3 orang ahli media dan 40 orang mahasiswa/i. Hasil kuisioner ahli materi adalah 84% dan berada di kategori “Sangat Baik”. Hasil kuisioner ahli media adalah 88,09% dan berada di kategori “Sangat Baik”. Hasil kuisioner mahasiswa adalah 90% dan berada di kategori “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mengenai teori mikroprosesor dan mikrokontroler ini layak untuk di publikasikan dan digunakan sebagai media belajar bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi 2 Dimensi, Teori Mikroprosesor dan Mikrokontroler.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:04
Last Modified: 06 Oct 2022 08:04
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item