PERENCANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM GEODIVERSITAS DI KAWASAN GEOPARK KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH

Fitriansyah, Aidil and Bramanto, Farhan Ramzi (2021) PERENCANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM GEODIVERSITAS DI KAWASAN GEOPARK KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
FILE III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB III PERHITUNGAN KONSTRUKSI)
FILE IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
FILE V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
FILE VI.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE VII.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Perencanaan suatu bangunan gedung adalah sebuah proses untuk menghasilkan bangunan yang kuat, aman, ekonomis dan persyaratan lainnya yang berlaku di Indonesia. Salah satu bangunan yang harus memiliki konstruksi yang kuat dan aman terhadap perencanaannya adalah bangunan gedung laboratorium. Judul laporan akhir ini adalah “Perencanaan Pembangunan Gedung Laboratorium Geodiversitas di Kawasan Geopark Karangsambung Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah”. Tujuan dibuat laporan akhir ini adalah untuk merencanakan dan memperhitungkan bangunan yang berfungsi sebagai gedung laboratorium dengan konsep geopark untuk melakukan riset, edukasi dan wilayah konservasi. Bagunan ini dibangun diatas tanah seluas 80 x 45m yang memiliki tiga lantai dan menggunakan pondasi tiang pancang. Dari hasil perhitungan struktur yang berpedoman kepada Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berlaku, didapatkan hasil bahwa untuk pondasi tiang pancang digunakan tiang persegi dengan dimensi 35 x 35 cm, dimensi sloof 35 x 65 cm, dimensi kolom 60 x 60 cm dimensi balok anak 30 x 55 cm, dimensi balok induk 35 x 65 cm, tebal pelat 12 cm. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa struktur pada gedung ini stabil dan aman.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, Gedung, Dimensi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:53
Last Modified: 17 Jan 2023 07:53
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item