PEMBUATAN BETON SELF COMPACTING CONCRETE (SCC) DENGAN VARIASI PASIR LOKAL UNTUK BETON PRECAST PADA BANGUNAN PELENGKAP JALAN

MARLENA, - and PERMATA, INDAH (2021) PEMBUATAN BETON SELF COMPACTING CONCRETE (SCC) DENGAN VARIASI PASIR LOKAL UNTUK BETON PRECAST PADA BANGUNAN PELENGKAP JALAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Kemajuan di bidang konstruksi menuntut akan adanya inovasi-inovasi sebagai penyelesaian dari permasalahan yang sering ditemui. Saat ini Self Compacting Concrete (SCC) terus dikembangkan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pengecoran beton. Self Compacting Concrete (SCC) merupakan beton yang mampu memadat sendiri dengan nilai slump yang cukup tinggi. Dalam proses penempatan pada volume bekisting (placing), proses pemadatannya (compaction), dan tidak memerlukan proses penggetaran seperti pada beton konvensional. Untuk pembuatan Self Compacting Concrete (SCC) akan lebih cepat dan ekonomis sehingga mampu menghasilkan produk beton precast yang direncanakan untuk bangunan pelengkap jalan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 variasi pasir lokal sumatera selatan dan bahan tambah berupa superplasticizer ligno P-100 dengan kadar 1,5%, 2% dan 2,5% dari berat semen. Dengan sampel yang digunakan berbentuk kubus yang kemudian dilakukan pengujian sifat fisik beton SCC kondisi segar dan pengujian kuat tekan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kuat tekan beton serta menganalisis perilaku workability Self Compacting Concrete (SCC) apakah memenuhi persyaratan flow ability, passing ability, filling ability dan segregation resistance pada saat beton kondisi segar, dengan tambahan superplasticizer ligno P-100 dan variasi pasir (pasir halus, sedang dan kasar) untuk produk beton precast. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa variasi pasir dan kadar superplasticizer optimum untuk pengujian flow ability pada variasi pasir kasar dengan kadar superplasticizer 2%, untuk passing ability, filling ability, dan segregation resistance pada variasi pasir halus dengan kadar superplasticizer 2,5% dengan nilai berturut-turut 750 mm, 0.95, 0.94 dan 11 detik. Maka dari semua pengujian tersebut sudah memenuhi keempat persyaratan sifat beton SCC. Sedangkan untuk nilai optimum kuat tekan beton SCC diperoleh pada variasi pasir kasar dengan kadar superplasticizer 2,5% dengan nilai kuat tekan sebesar 2,536 Mpa pada umur 28 hari. Hal ini menunjukkan bahwa semua pengujian sifat beton dan pengujian kuat tekan beton SCC telah memenuhi standar, hal itu dikarenakan memakai bahan tambah berupa superplasticizer ligno P-100. Sehingga untuk pembuatan beton SCC pada produk beton precast berupa box culvert variasi pasir yang mempunyai kualitas yang bagus, yaitu pasir kasar yang berasal dari Tanjung Raja Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self Compacting Concrete (SCC), Superplasticizer Ligno P-100, Workability, Beton Precast.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:54
Last Modified: 17 Jan 2023 07:54
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item