PERANCANGAN JEMBATAN BETON PRATEGANG SUNGAI KELAT STA 23+321 TOL KAYU AGUNG – PALEMBANG – BETUNG, OGAN KOMERING ILIR, SUMATERA SELATAN

RISSALDI, FILDZA and AINI, NUR’ (2021) PERANCANGAN JEMBATAN BETON PRATEGANG SUNGAI KELAT STA 23+321 TOL KAYU AGUNG – PALEMBANG – BETUNG, OGAN KOMERING ILIR, SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE 1.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE 2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
FILE 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB III `PERHITUNGAN KONSTRUKSI)
FILE 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
FILE 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
FILE 6.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 7.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Jembatan Sungai Kelat yang berada di Tol Kayu Agung – Palembang – Betung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan merupakan jembatan yang menghubungkan jalan tol yang terpisah karena sebuah sungai. Jembatan ini memiliki panjang jembatan 35,8 meter serta lebar 25 meter. Struktur utama dari jembatan ini berupa Balok Prategang tipe I (PCI), dengan metode pasca tarik dan mutu beton 50 Mpa. Untuk pelat lantai menggunakan konstruksi beton bertulang dengan metode insitu, sehingga akan terjadi aksi komposit antar balok pracetak dan pelat cor ditempat. Bangunan abutment jembatan ini juga menggunakan metode insitu (cor ditempat). Berdasarkan hasil pengujian SPT tanah keras berada pada kedalaman 41 meter. Letak tanah keras yang relatif dalam maka digunakan pondasi tiang pancang dengan daya dukung memanfaatkan tegangan tanah dibawahnya dan tegangan geser disekitar selimut pondasi tiang pancang. Perencanaan jembatan ini mengacu pada SNI 1725-2016 (Pembebanan untuk Jembatan), RSNI T-12-2004 (Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan), SNI 2833:2016 (Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa) dan sumber pustaka lainnya. Perancangan Jembatan Sungai Kelat terdiri dari bangunan atas yaitu pelat lantai, paraphet, pipa saluran air hujan, balok difragma, balok induk. Sedangkan untuk bangunan bawah terdiri dari pelat injak, elastomer, abutment, dan pondasi tiang pancang. Dari hasil perhitungan P1 (Abutment 1) sampai P2 (Abutment 2) Jembatan Sungai Kelat ini membutuhan biaya sebesar Rp14.231.752.171.00 dengan waktu pembangunan 140 hari kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Jembatan, Beton Prategang, PCI
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:01
Last Modified: 18 Jan 2023 03:01
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item