ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK BATU BATA DAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI PENGGANTI FILLER TERHADAP CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS ASPHALT CONCRETE – WEARING COURSE (AC-WC)

Alfarizi, Yasman and Atrasina, Yazillah (2021) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK BATU BATA DAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI PENGGANTI FILLER TERHADAP CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS ASPHALT CONCRETE – WEARING COURSE (AC-WC). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
File I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
File II.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File III.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
File IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN ANALISA DATA)
File V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
File VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VII.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Aspal beton adalah campuran dari agregat bergradasi menerus dengan bahan bitumen, Pada campuran laston dengan bahan penyusun seperti aspal dan agregat yang bisa menimbulkan rongga pada perkerasan, oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan dan penelitian terhadap Filler untuk memperoleh perbandingan dan pengaruh filler terhadap campuran beraspal. Tujuan dari pemanfaatan filler serbuk batu bata dan fly ash batu bara ini untuk melihat pengaruhnya ditinjau dari segi stabilitas dan ketahanan terhadap kelelehan (flow). Penelitian ini menggunakan aspal penetrasi 60/70 dari PT. Rabana Aspalindo dengan variasi kadar aspal 5%, 5,5% dan 6% dan dengan variasi filler dengan menggunakan semen, fly ash batu bara, serbuk batu bata dan campuran fly ash batu bara dan serbuk batu bata. Pelaksanaan penelitian ini dalam pengujian campuran dilakukan dengan menggunakan metode Marshall Test. Hasil pengujian Marshall di laboratorium disimpulkan bahwa : kadar aspal optimum (KAO) pada filler normal (semen) didapat pada kadar aspal 5,5%, kadar aspal optimum (KAO) pada filler serbuk batu bata didapat pada kadar 6%, kadar aspal optimum (KAO) pada filler fly ash batu bara didapat pada kadar aspal 5% dan kadar aspal optimum (KAO) pada filler campuran serbuk batu bata dan fly ash batu bara didapat pada kadar aspal 5,5%. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa nilai stabilitas dan flow pada filler fly ash batu bara dan campuran serbuk batu bata dan fly ash batu bara memenuhi standar spesifikasi yang dikeluarkan bina marga yaitu stabilitas sebesar 800 kg dan flow 2-4 mm, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti filler untuk campuran aspal beton.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Aspal Beton, Filler, Filler Serbuk Batu Bata, Filler Fly Ash Batu Bara, Aspal.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:39
Last Modified: 19 Jan 2023 01:39
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item