PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN BATAS KOTA BATURAJA – MARTAPURA STA 6+000 – STA 11+419,716 PROVINSI SUMATERA SELATAN

Ferro, Raynanda and Imanullah, M. Berlian (2021) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN BATAS KOTA BATURAJA – MARTAPURA STA 6+000 – STA 11+419,716 PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Berbagai macam alasan untuk dibangunnya sebuah jalan, salah satunya ialah akibat dari perkembangan suatu daerah, baik itu perkembangan industri maupun perkembangan sosial ekonomi. Untuk itu melalui penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagiamana perencanaan yang baik dalam merencanakan desain geometrik dan tebal perkerasan pada Jalan Batas Kota Baturaja – Martapura ini, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Didalam merencanakan desain geometrik jalan raya, terdapat hal-hal yang menjadi acuan dalam perencanaan yang meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, serta menetapkan perkerasan apa yang akan digunakan. Dari hasil perhitungan-perhitungan diatas maka Jalan Batas Kota Baturaja – Martapura ini merupakan Jalan Kolektor II A dengan kecepatan rencana 60 km/jam, terdapat 2 lajur 2 arah dengan lebar jalan 2 x 3,5 m dan lebar bahu jalan 1,5 m. Pada jalan ini menggunakan 6 buah tikungan, 2 tikungan Full Circle, 2 tikungan Spiral-Spiral, dan 2 tikungan Spiral-Circle-Spiral. Tebal lapis permukaan yang digunakan yaitu AC-WC 4 cm, AC-BC 6 cm, AC-Base 11 cm, lapis pondasi atas menggunakan agregat kelas A dengan tebal 15 cm, dan lapis pondasi bawah menggunakan agregat kelas B dengan tebal 15 cm. Pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 224 hari kerja dengan total biaya Rp 40.348.166.000,000 (Empat Puluh Miliar Tiga Ratus Empat Puluh Delapan Juta Seratus Enam Puluh Enam Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jalan, Perencanaan Geometrik, Tebal Perkerasan Lentur.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:40
Last Modified: 19 Jan 2023 01:40
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item