PUTRI, AUDYA ADINDA (2022) PROSEDUR PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTA MUSI UNIT PELAYANAN SEBERANG ULU 2 PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Laporan Akhir ini berjudul “Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan Pada PDAM Tirta Musi Unit Pelayanan Seberang Ulu 2 Palembang”. Laporan Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk prosedur penanganan keluhan pelanggan pada PDAM Tirta Musi Unit Pelayanan Seberang Ulu 2 Palembang. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan riset kepustakaan. Penulis menggunakan teknik analisis data Kualitatif dan Deskriptif. Implementasi prosedur penanganan keluhan pelanggan pada PDAM Tirta Musi Unit Pelayanan Seberang Ulu 2 Palembang yaitu, mencetak lembar keluhan, mengecek kelengkapan administrasi, membuat SPT dan berita acara, survey ke lokasi pelanggan, pelaksanaan perbaikan, menginput data tindak lanjut penyelesaian tugas, pencatatan hasil tindak lanjut keluhan dan diarsipkan. Hambatan yang dihadapi adalah tidak sesuainya keluhan yang dilaporkan oleh pelanggan dengan kondisi dilapangan, selain itu pelanggan yang terkadang tidak ada ditempat ketika petugas akan menangani keluhan. Solusi yang dilakukan adalah petugas PDAM cek langsung di lapangan dan mengkontak pelanggan untuk tetap stay di tempat. Saran yang dapat penulis berikan yaitu diharapkan agar PDAM Tirta Musi Unit Pelayanan Seberang Ulu 2 tetap mempertahankan pelayanan yang sudah baik dan mampu memuaskan pelanggan serta selalu meningkatkan kualitas pelayanan dalam penanganan keluhan pelanggan terutama pada keluhan tertinggi yaitu keluhan air tidak keluar, perlu mengadakan sosialisasi/ himbauan kepada pelanggan, serta memiliki Aplikasi Mobile Sistem Piket Petugas PDAM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan, Hambatan, Solusi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:10 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:10 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |