Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Jasa Iklan di TVRI Sumatera Selatan

Agresty, Duane (2022) Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Jasa Iklan di TVRI Sumatera Selatan. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
File I = Cover-Daftar Tabel.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
File II = BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
File III = BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
File IV = BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
File V = BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN)
File VI = BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VII = Daftar Pustaka.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah maju dengan cepat. Penggunaan sistem informasi yang semakin modern ini sangat dibutuhkan agar sistem yang ada lebih efektif dan efesien. Televisi Republik Indonesia (TVRI) merupakan Lembaga penyiaran yang bergerak dibidang informasi, komunikasi dan multimedia. TVRI SUMSEL memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki dengan menggali dana dari berbagai sumber. TVRI semakin banyak mendapatkan kepercayaan dari pihak masyarakat dengan mempergunakan pemasangan kerja sama jasa layanan iklan untuk mempromosikan produk usahanya. Salah satu pendapatan terbesar dari perusahaan televisi merupakan subangsih dari pemasangan iklan pelanggan, saat ini manjemen pengelolaan pemasangan iklan pelanggan yang dilakukan masih manual sehingga pengelolaan data iklan yang dilakukan belum maksimal. Pihak perusahaan tentunya membutuhkan sistem komputerisasi yang menangani laporan pemesanan iklan pelanggan baik itu yang mencakup proses pemasangan iklan serta total besar biayanya, proses perpanjangan kontrak iklan pelanggan, proses informasi laporan data pembayaran iklan yang sudah dilakukan oleh pelanggan, proses informasi laporan penayangan iklan pelanggan dan demi untuk mempermudah pihak perusahaan. Selain itu penelitian ini ditujukan sebagai media interaktif yang digunakan untuk merespon pesan dan informasi pelangan yang melakukan pemesanan jasa iklan. Perangkat lunak yang dibangun berbasi web ini, mampu melakukan beberapa proses diantaranya proses pemasangan iklan serta besar total biaya, proses validasi untuk pembayarannya, proses request tanggal penayangan pelanggan, pelanggan juga bisa melihat riwayat pemesanan melihat bukti penayanga, dan juga user admin,pimpinan,keuangan dapat melihat laporan untuk kebutuhan analisis perusahaan. Perusahaan juga perlu menerapkan metode yang berhubungan dengan sistem yang diterapkan yaitu, metode Customer Relationship Management (CRM) yang mampu memberikan informasi dan kepuasan pelanggan serta sebagai hubungan jangka panjang sebagai suatu kerja sama antar perusahaan yang saling mengutungkan. Proses sistem dengan metode CRM yang diterapkan ini adalah proses admin menyampaikan informasi , proses admin mengkonfirmasi pemesanan sesuai dengan request pelanggan,proses informasi mengenai perusahaan secara valid, proses admin atau pihak perusahaan dalam menanggapi kritik dan saran pelanggan. Serta output yang dikeluarkan itu sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dalam pembuatan sistem ini, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, iklan, Customer Relationship Management (CRM) �
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:29
Last Modified: 02 Feb 2023 04:29
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item View Item