Delsi, Nirma Herispita (2022) PENERAPAN METODE PIECES PADA APLIKASI HIMBAUAN TUNGGAKAN AIR PELANGGAN STUDI KASUS PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG UNIT PELAYANAN KARANG ANYAR BERBASIS WEB. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
File I = Cover-Daftar Tabel.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
File II = BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File III = BAB II.pdf Download (785kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
File IV = BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File V = BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File VI = BAB V.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VII = Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Air merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup. dimana penggunaan air bersih memilki peran yang sangat penting dalam perekonomian. Seiring meningkatnya populasi manusia maka tingkat kebutuhan terhadap air bersih juga semakin tinggi, hal ini tentunya juga dapat dirasakan oleh PDAM Tirta Musi Palembang. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehari-hari dalam menggunakan air bersih, tentunya pelanggan juga perlu memperhatikan pembayaran air yang mereka guanakan setiap bulannya agar terjadi keseimbangan antara kebutuhan air bagi pelanggan dengan pembayaran air secara tepat waktu agar dapat berjalan dengan baik. Namun kenyataan nya masih banyak ditemukan pelanggan yang menunggak pembayaran air setiap bulanya. Sehingga membuat perusahaan PDAM Tirta Musi Palembang mengalami kerugian. Hal ini tentunya juga dapat dirasakan oleh Pegawai penagihan, dimana mereka harus mengunjungi tiap-tiap rumah pelanggan setiap bulannya, hal ini dirasa masih kurang efektif dimana akses ke lokasi rumah-rumah pelanggan yang sulit seperti banjir, lahan/tanah kosong, dan rumah kosong, sehingga surat himbauan yang diberikan kerumah-rumah pelanggan terkadang hilang sehingga pelanggan tidak dapat mengetahui tagihan yang mereka pakai setiap bulannya, selain itu penggunaan kertas dalam skala besar membuat perusahaan menjadi tidak efisien. Dalam menjawab permasalahan yang ditemukan, tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Himbauan Tunggakan Air Pelanggan Pada PDAM Tirta Musi Palembang Unit Pelayanan Karang Anyar berbasis Website yang dapat membantu para Pegawai penagihan admin yaitu dapat memberikan himbaun kepada pelanggan secara langsung melalui WhatsApp sehingga dapat menghemat waktu dan menghemat pemakaian kertas dalam skala besar, selain itu penulis juga melakukan analisis perbandingan yaitu dengan cara menganalils tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi PDAM Tirta Musi Palembang dengan Aplikasi Himbauan Tunggakan Air Pelanggan dengan menggunakan Metode PIECES sebagain acuan dalam analisinya. hal ini tentunya agar lebih efektif dan efisien dimana kita dapat melihat seberapa puas pelanggan selama dengan adanya Aplikasi PDAM Tirta Musi palembang dengan Aplikasi yang penulis kembangkan. Adapun Metode Pengembangan yang digunakan yaitu menggunakan metode Waterfall. Untuk pemodelan perancangan menggunakan DFD yang meliputi diagram konteks, DFD level 0, flowchart dan ERD. Terakhir, pada tahap pemrograman sistem mengguanakan HTML, PHP,CSS, JavaScript, dan MySQL. Hasil dari tugas akhir ini adalah suatu Aplikasi Himbauan Tunggakan Air Pelanggan Pada PDAM Tirta Musi Palembang Unit Pelayanan Karang Anyar berbasis Website yang dapat memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengetahui tagihan air yang mereka gunakan selama ini, selain itu pelanggan dapat melihat perbandingan antara sistem yang lama dengan sistem yang penulis kembangkan, sehingga dapat diketahui tingkat kepuasan pada Aplikasinya. Aplikasi ini dapat menjadi acuan kedepannya ketika akan dilakukannya pengembangan kembali.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Air, PDAM Tirta Musi Palembang, Kepuasan pengguna, Tagihan, Tunggakan, Himbauan, WhatsApp, PIECES, Waterfall. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Informatics Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 04:29 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |