ALFARISI, MUHAMMAD SALMAN (2022) RANCANG BANGUN ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS 3 DIMENSI. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PERANCANGAN)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (563kB) | Preview |
Abstract
Robot line follower akan bergerak mengikuti garis yang telah dibuat oleh manusia yaitu garis yang sesuai dengan sensor LED (Light Emiting Diode) dan mendeteksi garis dengan menggunakan sensor infrared yang terpasang padanya yaitu sensor photodiode. Jalur tersebut bisa memakai bahan lakban isolasi (solasiban) dengan warna dan kontras yang berbeda. Sehingga sensor akan membaca warna yang berbeda. Dalam perkembangan perancangan robot jenis ini telah dilakukan oleh Fahmi Diyati pada tahun 2016 yang mendeteksi jalur pergerakan robot pada lintasan yang berbeda yaitu keramik putih dan banner putih dengan berbagai desain lintasan (garis hitam) yang berbeda. Nova Eka Budiyanta, dkk pada tahun 2018 merancang robot line follower portable guna meminimalisasi penumpukan sampah elektronik sebagai hasil pemanfaatan komponen elektronik tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Robot Line Follower, Media Pembelajaran, Politeknik Negeri Sriwijaya |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 04:44 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 04:44 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |