EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MOTION GRAPHIC SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 40 PALEMBANG

FEBRIANA, WINDY (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MOTION GRAPHIC SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 40 PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis dari efektivitas penggunaan media motion graphic sebagai pendukung pembelajaran matematika kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas atau berhasil tidaknya penggunaan media motion graphic ini sebagai pendukung pembelajaran. Dalam pengembangan media pendukung pembelajaran berbasis motion graphic ini, Penulis menggunakan metode penelitian pengembangan multimedia yaitu Luther dan skala Likert guna menghitung kuesioner yang diberikan saat sosialisasi media pembelajaran. Responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang ahli yang terdiri dari 2 orang ahli multimedia dan 2 orang ahli matematika, serta responden beta yang terdiri dari 32 orang siswa/i kelas 3B di Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang yang didapatkan dari penyebaran kuesioner online. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penilaian kelayakan media pendukung pembelajaran berbasis motion graphic kepada 2 kategori responden ahli bila di rata-ratakan dari responden ahli multimedia mendapatkan index presentase 94% dan berada dalam kategori “Sangat Baik”. Kemudian dari responden ahli matematika bila di rata-ratakan mendapatkan index presentase 96% dan berada dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penilaian pertanyaan pilihan kepada responden beta apabila di rata-ratakan mendapatkan index presentase 89,375% dan berada dalam kategori “Sangat Baik”. Maka, penggunaan dari media motion graphic sebagai pendukung pembelajaran matematika untuk anak kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang ini bisa dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Motion Graphic, Matematika.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:45
Last Modified: 06 Mar 2023 01:45
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12913

Actions (login required)

View Item View Item