Oktanisa, Silvana (2017) STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi & Seni, 9 (3). pp. 50-59. ISSN 1979 - 0759
|
Text (Full Text)
Jurnal Silvana Mei 2017.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Nilai-nilai dasar pendidikan karakter di perguruan tinggi dikorelasikan dengan Pancasila yang dipilih muatan karakternya yang berasal dari olah hati, olah pikir, olah raga, olah rasa dan olah karsa yang diturunkan dalam 4 (empat) jenis karakter yaitu: jujur, cerdas, tangguh dan peduli. Pada implementasinya di perguruan tinggi, pendidikan karakter tidal( dapat ditempatkan secara sendiri tapi digabungkan dengan pendidikan akademis sehingga dibutuhkan strategi dalam implementasinya di perguruan tinggi, khususnya di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri). Strategi yang digunakan dalam implementasi nilai dasar pendidikan karakter ada pada 3 (tiga) sektor yaitu: kelembagaan, kegiatan kurikuler, dan kegiatan non kurikuler. Manfaat yang diperoleh untuk memberikan masukan dalam penyusunan materi nilai dasar pendidikan karakter pada 3 (tiga) sektor di Polsri dan bagi mahasiswa memberikan masukan mengenai bagaimana memiliki kualitas pendidikan karakter yang positip. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tingkat eksplanasinya adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan penguraian dan penjelasan secara sistematis dan komprehensif seluruh data baik primer maupun sekunder. Penelitian dilakukan dengan wawancara menggunakan informan kunci dan informan pendukung sebagai sumber data primer dan data sekundernya melalui dokumentasi dan observasi. Variabel strategi implementasi difokuskan pada dimensi kelembagaan, kegiatan kurikuler dan kegiatan non kurikuler dengan 7 (tujuh) indikator. Hasil dari informan kunci dan pendukung, observasi, dan dokumentasi diperoleh data bahwa untuk dimensi kelembagaan Polsri belum memiliki lembaga resmi Pusat Pengembangan Psikologi dan Karakter Mahasiswa namun peran lembaga ini terdapat pada organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa. Pemberian beasiswa telah memuat nilai dasar pendidikan karakter. Pada dimensi kegiatan kurikuler, diperoleh data penetapan muatan karakter pada setiap mata kuliah telah dilakukan pada kurikulum, gerakan anti menyontek dan anti plagiat telah dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku, yang terakhir untuk adanya mata kuliah yang pengembangan karakter belum semua jurusan memilikinya dalam kurikulumnya. Path dimensi kegiatan non kurikuler, Polsri telah memuat nilai dasar pendidikan karakter dalam menentukan kegiatan mahasiswa yang menerima dana Dikti.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Pendidikan Karakter, Nilai Dasar Pendidikan Karakter dan Strategi Implementasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Business Administration > Journal |
Depositing User: | Mrs Trisni Handayani |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 05:50 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 05:50 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |