STRATEGI PENINGKATAN KESADARAN HUKUM MAHASISWA TERHADAP TATA TERTIB DISIPLIN MAHASISWA

Oktanisa, Silvana and Marshinta, Fransisca Ully and Triputra, Yuli Asmara and Sari, Dewi Indah (2018) STRATEGI PENINGKATAN KESADARAN HUKUM MAHASISWA TERHADAP TATA TERTIB DISIPLIN MAHASISWA. Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi & Seni, 10 (2). pp. 5-14. ISSN 1979 - 0759

[img]
Preview
Text (Full Text)
Jurnal Silvana Januari 2018.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Politeknik Negeri Sriwijaya memiliki peraturan hukum untuk mendukung proses akademik dan kegiatan mahasiswa agar tercipta keadilan dan ketertiban yaitu Peraturan Direktur Politeknik Negeri Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Peraturan Akademik dan Tata Tertib Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya. Pada realitasnya mahasiswa yang tidak mematuhi peraturan tersebut khususnya peraturan pada Bab VI tentang tata tertib kedisiplinan masih ditemukan. Kondisi ini membutuhkan kesadaran hukum semua pihak khususnya mahasiswa program studi Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi meningkatkan kesadaran hukum mahasiswa terhadap tata tertib kedisiplinan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tingkat eksplanasinya adalah deskriptif. Penelitian dilakukan dengan penguraian dan penjelasan secara sistematis dan komprehensif seluruh data baik primer maupun sekunder yang didapat melalui wawancara dengan informan kunci dan informan pendukung serta melalui dokumentasi dan observasi. Variabel strategi peningkatan kesadaran hukum difokuskan pada dimensi kelembagaan dengan 3 indikator dan dimensi kurikuler dan non kurikuler dengan 4 indikator. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pada dimensi kelembagaan belum tersedia lembagaibidang/petugas khusus yang secara resmi dibentuk oleh Politeknik Negeri Sriwijaya tetapi di setiap jurusan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan tata tertib kedisiplinan diserah kepada dosen pembimbing akademik. Pelaksanaan hukuman terhadap pelanggaran tata tertib kedisiplinan kurang ketat. Namun, upaya pembudayaan nilai-nilai perilaku dan nilai-nilai hukum telah dilaksanakan dengan balk. Selanjutnya, pada dimensi kurikuler dan non kurikuler ditemukan bahwa pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap peraturan tata tertib kedisiplinan masih tergolong sedang (sekadar tahu dan sekedar paham) sehingga sikapnya berada pada tingkat sedang (sekadar patch) yang berdampak pada pola perilaku berada pada tingkat rendah (kompensasi tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kesadaran hukum, Tata tertib mahasiswa dan Disiplin
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Business Administration > Journal
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:50
Last Modified: 14 Apr 2023 05:50
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13354

Actions (login required)

View Item View Item