PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN EDMODO

Oktanisa, Silvana and Marshinta, Fransisca Ully and Maja, Ibnu (2019) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN EDMODO. Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi & Seni, XI (3). ISSN 1979 - 0759

[img]
Preview
Text (Full Text)
Jurnal Silvana Januari 2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran E-learning berbasis edmodo memudahkan dalam pendistribusian materi pembelajaran, ujian, latihan kuis dan penilaian. Namun perlu diingat bahwa e-leaming berperan untuk melengkapi kelas konvensional bukan untuk menggantikan kelas konvensional. Kondisi saat ini, Polsri masih memberlakukan pembelajaran konvensional khususnya dalam mata kuliah PKn. Berdasarkan pengalaman peneliti pembelajaran konvensional mata kuliah PKn memberikan kejenuhan belajar bagi mahasiswa yang akhirnya berdampak kepada menurunnya basil belajar mahasiswa. Di sisi lain, Polsri sudah memiliki layanan e-learning yang dikelola oleh kampus dengan menggunakan Learning Management System (LMS) tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh dosen. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-learning berbasis edmodo pada matakuliah PKn. Manfaat penelitian memberikan masukan bagi pengampu mata kuliah PKn di lingkungan Polsri dalam upaya meningkatkan sistem pembelajaran di kelas dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-learning berbasis edmodo serta memberikan masukan agar mahasiswa mengenal dan dapat mengakses penggunaan e-learning khususnya pembelajaran e-learning berbasis edmodo. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dimana analisis terhadap seluruh data baik data primer maupun sekunder dengan menggunakan statistik deskriptif karena data yang dianalisis berupa deskriptif presentase yang menunjukkan tingkat persepsi mahasiswa dengan skala liken. Pembahasan deskriptif didasarkan dan hash' perhitungan penilaian persepsi berdasarkan frekuensi skor rata-rata dari seluruh responden pada tiap item kuesioner.unta mcndapatkan instrumcn yang valid dan reliabel,. maka dilakukan uji validitas dan uji normalitas.Variable persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-learning berbasis edmodo yang dikembangkan ke dalam 4 dimensi yaitu (1)Kesiapan fasilitas, (2)Kesiapan SDM tinggi,sedang,pengguna,(3)Penggunaan e-learning untuk pembelajaran,(4) Kendala dalam menggunakan e-lcarning yang tersedia dan (5) Tanggapan terhadap fasilitas e-learning yang telah tersedia. Hasil analisis yang dicapai berdasarkan interval yaitu sangat rendah dan sangat rendah adalah skor persepsi berada pada kategori sedang (3.30) s/d sangat tinggi (4.77). Persepsi tertinggi per-item saudara pernah mengakses e-learning berbasis edmodo, per-indikator pengetahuan tentang akses e-learning, per-dimensi kesiapan fasilitas. Persepsi terendah per-item secara teknis belum tahu bagaimana cara menggunakan e-learning, per-indikator informasi tentang e-learning berbasis edmodo, per¬dmaens. kendala dalam menggunakan e-learning yang telah tersedia. Selanjutnya, solusi alternatif yang diberikan berdasarkan dimensi dengan kategori rendah s/d sedang adalah (1)kesiapan fasilitas e-learning berbasis edmodo sangat perlu ditingkatkan terutama segi keleluasaan akses jaringan Internet dan keleluasaan waktu untuk mengakses guna menjawab setiap assignment dan quis yang diberikan, (2)kesiapan SDM pengguna e-learning berbasis asis edmodo perlu ditingkatkan karena masih ada SDM pengguna(dosen dan mahasiswa) yang belum sa memanfaatkan komputer secara maksimal dan (3)penggunaan e-learning berbasis edmodo untuk pembelajaran sangat disarankan karena sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan namun harus disederhanakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran e-learning, Edmodo dan PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Business Administration > Journal
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:50
Last Modified: 14 Apr 2023 05:50
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item