KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DOSEN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Oktanisa, Silvana and Marshinta, Fransisca Ully and Triputra, Yuli Asmara and Sari, Dewi Indah (2019) KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DOSEN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi & Seni, XI (2). ISSN 1979 - 0759

[img]
Preview
Text (Full Text)
Jurnal Silvana Januari 2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan akademik ditinjau pada dua pelayanan yaitu bentuk perkuliahan dan pelaksanaan evaluasi yang diberikan oleh dosen Pendidikan Kewarganegaraan terhadap mahasiswa Polsri. Kualitas pelayanan akademik berdampak negatif atau positif terhadap kualitas dosen Pendidikan Kewarganegaran. Nilai Pendidikan Kewarganegaraan memberikan dampak drop out (do) untuk mahasiswa yang memperoleh nilai D. Rumusan masalahnya untuk mengetahui bagaimana kualitas dari dosen Pendidikan Kewarganegaraan.Tujuannya untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan akademik dosen Pendidikan Kewarganegaraan yang menghasilkan manfaat untuk Politeknik Negeri Sriwijaya dengan menetapkan kebijakan lanjutan sehubungan dengan matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan adalah dengan studi deskriptif dan model servqual. Metode servqual menjelaskan kualitas pelayanan akademik pada lima dimensi pelayanan yaitu tangible (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (kepastian), dan empathy (empati). Kelima dimensi utama tersebut dijabarkan kedalam masing-masing atribut rind untuk variabel ekspektasi dan variabel persepsi, yang disusun dalam pernyataan-peryataan berdasarkan skala Likert. Hash analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa pada kedua pelayanan akademik dosen Pendidikan Kewarganegaraan berada pada kategori tinggi (3,13-3,8), dimana untuk nilai skor persepsi terendah ada pada dimensi responsiveness dan nilai skor tertinggi ada pada dimensi assurance. Harapan mahasiswa pada kedua pelayanan berada pada kategori sangat tinggi (4,65¬4,86), mahasiswa mempunyai harapan tertinggi pada dimensi assurance. Skor selisih tertinggi persepsi dan harapan tertinggi dua pelayanan berada pada dimensi yang sama yaitu dimensi assurance. Perhitungan servqual secara tunggal diperoleh hash negatif untuk kedua pelayanan. Hal ini menjelaskan bahwa kualitas pelayanan akademik dosen Pendidikan Kewarganegaraan di Politeknik Negeri Sriwijaya belum balk, karena nilai persepsi lebih rendah dari nilai harapan. Fokus perhatian perbaikan pelayanan di arahkan pada dimensi assurance.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Akademik, Persepsi dan Harapan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Business Administration > Journal
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:50
Last Modified: 14 Apr 2023 05:50
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item