ALHIDAYAT, RIZKI (2021) ANALISIS PENGGUNAAN RESISTOR SEBAGAI PEREDAM ARUS KEJUT AKI 12V PADA BATTERY MANAGEMENT SYSTEM (BMS). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Download (925kB) | Preview |
Abstract
Electric vehicle (EV) dianggap sebagai langkah efektif untuk mengurangi polusi udara. Terdapat beberapa jenis kendaraan listrik, di antaranya Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV) Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Plug-in Electric Vehicle (PEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Namun di antara jenis kendaraan listrik lainnya, BEV memberikan kepadatan energi yang tinggi, yang merupakan solusi ideal untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi gas di sektor transportasi. Namun, ada beberapa tantangan. Misalnya, kebutuhan akan energy storage system (ESS) dengan kinerja tinggi yang memenuhi permintaan daya selama percepatan dan memulihkan energi secara efisien selama perlambatan tanpa mempengaruhi masa pakai dan efisiensinya. Manajemen daya baterai merupakan faktor penting dalam mengoptimalkan konsumsi energi secara keseluruhan, sehingga dapat memaksimalkan jarak tempuh EV dan meminimalisir travel cost. Oleh karenanya untuk mendapatkan manajemen daya yang sesuai perlu dilakukan pengamatan pada Depth of Discharge (DOD) baterai dimulai dari kondisi baterai terisi penuh (DOD 0%) sampai ketika DOD mencapai 100%. Adapun pada penelitian tugas akhir ini penulis berfokus pada model manajemen daya berbasis logika fuzzy yang memperhitungkan beban motor BLDC (Brushless Direct Current) 350 dan 800 Watt. Logika Fuzzy dipilih karena mampu menganalisa pengaruh nilai input terhadap nilai output dalam bentuk nilai linguistik. Adapun hasil yang di dapat dari sistem manajemen daya yang dirancang antara lain terdapat penurunan jumlah energi yang terbuang sebesar 90.31% dalam 10 menit untuk motor BLDC 800 Watt dan 93.30% untuk motor BLDC 350 Watt pada saat menggunakan sistem manajemen daya. Selain itu terdapat selisih antara arus terukur dengan arus referensi dengan rata-rata sebesar 0.963909 A untuk motor BLDC 800 Watt dan sebesar 0.508 A untuk motor BLDC 350 Watt.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan listrik, BMS, Manajemen daya, Logika fuzzy |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 05 May 2023 09:36 |
Last Modified: | 05 May 2023 09:36 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |