ANALISIS PENGGUNAAN RESISTOR SEBAGAI PEREDAM ARUS KEJUT AKI 12V PADA BATTERY MANAGEMENT SYSTEM (BMS)

ALHIDAYAT, RIZKI (2021) ANALISIS PENGGUNAAN RESISTOR SEBAGAI PEREDAM ARUS KEJUT AKI 12V PADA BATTERY MANAGEMENT SYSTEM (BMS). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

Electric vehicle (EV) dianggap sebagai langkah efektif untuk mengurangi polusi udara. Terdapat beberapa jenis kendaraan listrik, di antaranya Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV) Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Plug-in Electric Vehicle (PEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Namun di antara jenis kendaraan listrik lainnya, BEV memberikan kepadatan energi yang tinggi, yang merupakan solusi ideal untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi gas di sektor transportasi. Namun, ada beberapa tantangan. Misalnya, kebutuhan akan energy storage system (ESS) dengan kinerja tinggi yang memenuhi permintaan daya selama percepatan dan memulihkan energi secara efisien selama perlambatan tanpa mempengaruhi masa pakai dan efisiensinya. Manajemen daya baterai merupakan faktor penting dalam mengoptimalkan konsumsi energi secara keseluruhan, sehingga dapat memaksimalkan jarak tempuh EV dan meminimalisir travel cost. Oleh karenanya untuk mendapatkan manajemen daya yang sesuai perlu dilakukan pengamatan pada Depth of Discharge (DOD) baterai dimulai dari kondisi baterai terisi penuh (DOD 0%) sampai ketika DOD mencapai 100%. Adapun pada penelitian tugas akhir ini penulis berfokus pada model manajemen daya berbasis logika fuzzy yang memperhitungkan beban motor BLDC (Brushless Direct Current) 350 dan 800 Watt. Logika Fuzzy dipilih karena mampu menganalisa pengaruh nilai input terhadap nilai output dalam bentuk nilai linguistik. Adapun hasil yang di dapat dari sistem manajemen daya yang dirancang antara lain terdapat penurunan jumlah energi yang terbuang sebesar 90.31% dalam 10 menit untuk motor BLDC 800 Watt dan 93.30% untuk motor BLDC 350 Watt pada saat menggunakan sistem manajemen daya. Selain itu terdapat selisih antara arus terukur dengan arus referensi dengan rata-rata sebesar 0.963909 A untuk motor BLDC 800 Watt dan sebesar 0.508 A untuk motor BLDC 350 Watt.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan listrik, BMS, Manajemen daya, Logika fuzzy
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 05 May 2023 09:36
Last Modified: 05 May 2023 09:36
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item