MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMEEDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG

Safira, Siti (2023) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMEEDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text
BAB I SKRIPSI - SITI SAFIRA.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI - SITI SAFIRA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI - SITI SAFIRAA.pdf

Download (941kB)
[img] Text (BAB III Metodologi Penelitian)
BAB III SKRIPSI - SITI SAFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV Hasil dan Pembahasan)
BAB IV SKRIPSI - SITI SAFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI - SITI SAFIRA.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - SITI SAFIRA.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN SKRIPSI - SITI SAFIRA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sistem peredaran darah merupakan salah satu materi yang dianggap sulit untuk dipahami karena tidak mungkin melihat secara langsung organ-organ dan proses-proses yang menyusunnya. Multimedia interaktif berperan sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat fasilitas multimedia interaktif berbasis permainan edukatif yang dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Untuk mengetahui validitasnya, media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan menggunakan instrumen berupa angket validasi kelayakan media. Aspek yang diukur untuk validitas materi meliputi aspek kesesuaian isi, aspek kesesuaian penggunaan, aspek tampilan dan kebahasaan, aspek sajian, dan aspek manfaat. Sedangkan untuk validitas media meliputi aspek Design Layout, tipografi, gambar ilustrasi, audio, sajian, penggunaan, dan navigasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor validasi ahli materi sebesar 95% hingga 98% dan skor rata-rata ahli media adalah 91% hingga 93%. Secara keseluruhan rata-rata keduanya ialah sebesar 91% hingga 98% dan tergolong sangat baik. Sedangkan pada hasil pengujian terhadap responden siswa didapatkan nilai validitas 91,48% dengan kategori sangat baik serta berhasil mendapatkan hasil reliabelitas sebesar 0,737 dan dapat dikatakan reliabel. Maka, disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis game edukasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas XI SMA pada materi Sistem Peredaran Darah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi, Construct 2, Metode MDLC, Sistem Peredaran Darah, SMA Islam Az-Zahrah Palembang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:32
Last Modified: 03 Jun 2024 04:32
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15006

Actions (login required)

View Item View Item