MEIRIANI, RINA (2023) PERANCANGAN JEMBATAN BETON PRATEGANG BENTANG 35 METER PADA JALAN TOL KAYU AGUNG – PALEMBANG – BETUNG STA 77+575 BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.
|
Text (Cover)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I SKRIPSI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II SKRIPSI OK.pdf Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III `PERHITUNGAN KONSTRUKSI)
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V SKRIPSI OK.pdf Download (122kB) |
|
![]() |
Text
DAPUS SKRIPSI.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Jembatan beton prategang yang berada di Tol Kayu Agung – Palembang – Betung STA 77+575 Banyuasin Sumatera Selatan merupakan jembatan yang menghubungkan ruas jalan tol yang terpisah karena sungai. Jembatan ini memiliki panjang bentang 35 meter dengan lebar 25 meter. Jembatan ini menggunakan sistem Prategang gelagar memanjang berupa Girder PC-I dengan metode pasca tarik dan mutu beton 50 MPa. Pelat lantai pada jembatan ini menggunakan konstruksi beton bertulang dengan metode insitu, sehingga akan terjadi aksi komposit antar balok pracetak dan pelat cor ditempat. Bangunan abutment jembatan ini juga menggunakan metode insitu (cor ditempat). Berdasarkan hasil pengujian SPT tanah keras berada pada kedalaman 30 meter. Letak tanah keras yang relatif dalam maka digunakan pondasi tiang pancang dengan daya dukung memanfaatkan tegangan tanah dibawahnya dan tegangan geser disekitar selimut pondasi tiang pancang. Dalam merancang jembatan ini mengacu kepada SNI 1725-2016 (Pembebanan untuk Jembatan), SNI T-12-2004 (Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan), SNI T-03-2005 (Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan), dan sumber pustaka lainnya. Perancangan jembatan beton prategang meliputi bangunan atas yaitu pelat lantai, parapet, pipa saluran air hujan, balok diafragma, balok girder. Sedangkan bangunan bawah meliputi elastomer, pelat injak, abutment, dinding sayap, dan pondasi tiang pancang. Spesifikasi untuk perhitungan biaya menggunakan spesifikasi umum edisi 2018. Berdasarkan hasil perhitungan, perancangan jembatan beton prategang membutuhkan biaya sebesar Rp. 153.464.641.000,00 dengan waktu pelaksanaan selama 228 hari kalender.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan, Beton Prategang, PC-I. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:45 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:45 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |