PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN DAYA BATERAI CC-CV PADA AKI DENGAN METODE FUZZY

Hidayatullah, Rizky (2023) PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN DAYA BATERAI CC-CV PADA AKI DENGAN METODE FUZZY. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img]
Preview
Text (Cover)
AKHIR_RIZKY[1].pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1( RIZKY H ).pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2 ( RIZKY H ).pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB III RANCANG BANGUN)
BAB 3 ( RIZKY H ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISA)
BAB 4 ( RIZKY H ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB 5 ( RIZKY H ).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN DAYA BATERAI CC-CV PADA AKI DENGAN METODE FUZZY RIZKY HIDAYATULLAH 062030321090 Mobil listrik dianggap sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil ICE (Internal Combution Engine) karena tidak menghasilkan emisi langsung saat digunakan akibat dari penggunaan bahan bakar fosil[1]. Penggunaan mobil listrik dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tidak terbarukan sehingga berpengaruh terhadap pengurangan polusi udara dan emisi gas rumah kaca di dunia. Mobil listrik adalah salah satu kendaraan listrik yang menggunakan baterai sebagai supply energy untuk menggerakkan motor listrik BLDC dan jenis baterai yang paling umum digunakan adalah baterai aki (accu). Baterai Aki adalah jenis baterai timbal-asam (lead acid) yang menggunakan elektrolit berbasis asam sulfat encer dan memanfaatkan reaksi kimia antar timbal asam sulfat untuk menghasilkan energi listrik. Jenis baterai AKI ini relatif murah, dapat diisi ulang, dan mampu memberikan arus tinggi yang diperlukan untuk operasional mobil listrik. Baterai AKI termasuk dalam secondary battery atau baterai yang dapat diisi ulang. Oleh karena ini pengaplikasian jenis baterai ini memerlukan sistem charging (charger). Charging adalah proses pengisian ulang daya pada baterai AKI sehingga baterai dapat digunakan kembali. Sistem charging merupakan hal terpenting yang mempengaruhi durasi charging dan kondisi baterai akibat proses charging. Charger yang menggunakan tegangan dan arus yang terlalu tinggi dapat menyebabkan overcharging sehingga mengurangi performa baterai. Namun, jika arus dan tegangan terlalu rendah, maka durasi pengisian daya baterai akan lama. Oleh karena itu diperlukan sistem charging yang dapat menghindari overcharged pada baterai dan menghasilkan durasi pengisian yang cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan charging yang menerapkan sistem CC-CV (Constant Current-Constant Voltage). Sistem CC-CV merupakan kombinasi dari dua metode charging yakni CC (Constant Current) dan CV (Constant Voltage). CC merupakan metode pengisian yang mengalirkan arus konstan ke baterai, metode ini dapat menghasilkan durasi pengisian yang pendek. Namun, metode ini juga dapat menyebabkan overheating dan overcharging pada baterai. Sementara, CV adalah metode pengisian yang aman bagi baterai karena tidak menyebabkan overheating dan overcharging. Namun, metode ini dapat menghasilkan durasi pengisian yang panjang. Oleh karena itu, pada penelitian ini digunakan metode pengisian CC-CV, yang mampu mengisi baterai dengan aman dan cepat [19][21][22]. Adapun data dari laporan akhir ini akan dianalisa dengan menggunakan metode fuzzy logic. metode fuzzy logic akan digunakan untuk menganalisa data tegangan dan arus selama proses pengisian Dari penjelasan sebelumnya, penulis memilih judul “PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN DAYA BATERAI CC-CV PADA AKI DENGAN METODE FUZZY”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy, CC-CV,
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:04
Last Modified: 23 Jan 2025 02:04
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item View Item