RANCANG BANGUN GAME EDUKASI INTERAKTIF 2D PADA MATERI BHINNEKA TUNGGAL IKA SDN 2 PALEMBANG

AFIFA, HURIYA (2024) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI INTERAKTIF 2D PADA MATERI BHINNEKA TUNGGAL IKA SDN 2 PALEMBANG. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
bab II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text (BAB III RANCANG BANGUN)
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
bab V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara yang kaya akan keberagaman suku, ras, agama, dan budaya telah lama menjadi ciri khasnya. Perkembangan teknologi yang cepat telah membawa Indonesia ke dalam era globalisasi, yang menghadirkan tantangan kompleks seperti peningkatan individualisme dan penurunan interaksi sosial dalam masyarakat. Globalisasi juga membawa masuknya budaya dan ideologi asing yang dapat mengancam nilai-nilai Pancasila dan keberagaman Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memperkenalkan nilai-nilai keberagaman sejak dini, terutama kepada anak-anak, untuk menjaga identitas budaya bangsa. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran digital berupa game edukasi 2D berbasis Android yang disebut "Bhinneka Adventure" untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Bhinneka Tunggal Ika. Metode pengembangan menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC), yang digunakan meliputi tahap inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta, serta rilis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode pretest-posttest dan uji N-Gain untuk mengevaluasi efektivitas game edukasi yang dikembangkan. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa yang cukup signifikan terhadap nilai-nilai keberagaman Indonesia, dibuktikan dengan nilai rata-rata N-Gain mencapai 0,6142 atau 61,24%. Hal ini menunjukkan bahwa game ini dapat dianggap cukup efektif sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, GDLC, Pretest-posttest, Uji N-Gain.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 20 Feb 2025 09:04
Last Modified: 20 Feb 2025 09:04
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item View Item