ELIZAH, SISKA (2024) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI SDN 20 TANJUNG RAJA. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.
|
Text (Cover)
FILE 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE 2.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
FILE 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
FILE 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
FILE 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
FILE 6.pdf Download (112kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 7.pdf Download (195kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
FILE 8.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan jenis sampah setiap tahunnya terus bertambah yang menyebabkan berbagai masalah, namun masih banyak yang kurang memahami dan peduli tentang lingkungan. Di SDN 20 Tanjung Raja baru menggunakan kurikulum merdeka di mana pada tema 1 terdapat materi tentang lingkungan namun belum tersedianya media pembelajaran yang interaktif membuat siswa sulit memahami tentang materi pemilahan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berupa game edukasi yang dapat membantu guru menyediakan media pembelajaran kepada siswa mengenai lingkungan khususnya tentang pemilahan sampah organik dan anorganik. Menggunakan pendekatann Research dan Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan game edukasi ini dilakukan pengujian kepada para ahli yang mendapatkan nilai sebesar 90,6% dengan kriteria sangat valid. Setelah dilakukan pengujian kepada 24 siswa menunjukkan hasil dari pengujian N-Gain sebesar 0.71 termasuk dalam kriteria tinggi. Dapat disimpulkan game edukasi ini membantu meningkatkan pengetahuan siswa tentang pemilahan sampah organik dan anorganik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Media Pembelajaran, Metode ADDIE, N-Gain |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:33 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:33 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |