RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI SDN 20 TANJUNG RAJA

ELIZAH, SISKA (2024) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI SDN 20 TANJUNG RAJA. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
FILE 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
FILE 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
FILE 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
FILE 6.pdf

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 7.pdf

Download (195kB)
[img] Text (Lampiran)
FILE 8.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jenis sampah setiap tahunnya terus bertambah yang menyebabkan berbagai masalah, namun masih banyak yang kurang memahami dan peduli tentang lingkungan. Di SDN 20 Tanjung Raja baru menggunakan kurikulum merdeka di mana pada tema 1 terdapat materi tentang lingkungan namun belum tersedianya media pembelajaran yang interaktif membuat siswa sulit memahami tentang materi pemilahan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berupa game edukasi yang dapat membantu guru menyediakan media pembelajaran kepada siswa mengenai lingkungan khususnya tentang pemilahan sampah organik dan anorganik. Menggunakan pendekatann Research dan Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan game edukasi ini dilakukan pengujian kepada para ahli yang mendapatkan nilai sebesar 90,6% dengan kriteria sangat valid. Setelah dilakukan pengujian kepada 24 siswa menunjukkan hasil dari pengujian N-Gain sebesar 0.71 termasuk dalam kriteria tinggi. Dapat disimpulkan game edukasi ini membantu meningkatkan pengetahuan siswa tentang pemilahan sampah organik dan anorganik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Media Pembelajaran, Metode ADDIE, N-Gain
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:33
Last Modified: 26 Feb 2025 04:33
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item View Item