ZULFIKAR, MUHAMMAD NOUVAL AMMAR (2024) PERANCANGAN GAME SEMPOA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID STUDI KASUS SEMPOA SIP KENTEN. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.
|
Text
COVER.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf Download (924kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Matematika sering dianggap sulit oleh anak-anak, terutama operasi hitung. Sempoa, alat hitung tradisional, efektif membantu anak mengembangkan keterampilan matematis dasar secara interaktif dan menyenangkan. Manfaat mempelajari matematika sejak dini termasuk berpikir sistematis, logis, dan teliti. Sempoa juga meningkatkan fungsi otak kanan yang terkait dengan kemampuan analitis, memori, dan imajinasi. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar dengan sempoa lebih cepat dan akurat dalam berhitung dibandingkan yang tidak. Selain itu, sempoa membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian lain mengindikasikan bahwa penggunaan sempoa dalam bentuk game edukasi berbasis Android bisa menjadi solusi pembelajaran yang efektif. Game edukasi ini dirancang menggunakan model ADDIE dan mencakup fitur penjelasan, latihan, dan kuis. Hasil penelitian menunjukkan validitas tinggi dengan skor 86,5%, menunjukkan bahwa game ini sangat valid sebagai alat bantu pembelajaran. Saran untuk pengembangan lebih lanjut meliputi perluasan materi edukatif dan peningkatan kemudahan penggunaan. Dengan demikian, game edukasi sempoa diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan nilai matematika anak-anak..
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sempoa, Media Pembelajaran,ADDIE. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:36 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:36 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |