SYAKBANY, AHMAD RAFLI (2024) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA PADA BAB GAYA DAN ENERGI KELAS 4 DI SD NEGERI 165 PALEMBANG. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.
|
Text
COVER.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (932kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf Download (117kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
IPA adalah ilmu yang memfokuskan pada pemahaman terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi dialam. Pembelajaran IPA di SD harus dirancang secara menyenangkan, menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik, serta memperhatikan pertumbuhan individu mereka. Dalam pembelajaran IPA terdapat kendala karena minimnya media pembelajaran yang bisa digunakan Karya ini saya persembahkan sebagai tanda bukti sayang dan cinta yang tiada terhingga kepada kedua Orang Tua tercinta, Bapak Afriyanto dan yang telah Ibu Rahmawati melahirkan, merawat, membimbing, dan membesarkan dengan tulus serta penuh keikhlasan, kasih sayang dan cintanya, serta yang senantiasa mendoakan, dan memberika semangat dan juga dukungan sepenuh hati. Karya ini juga saya persembahkan keluarga dan sahabat tercinta yang selalu menjadi penyemangat terbaik, selalu memberikan semangat dan dukungan baik moril maupun material selama menempuh pendidikan. Tak lupa juga dipersembahkan untuk diri sendiri, terima kasih telah bertahan sejauh ini, dan tidak pernah berhenti berusaha dan berdoa untuk menyelesaikan skripsi ini. memvisualisasikan materi yang dilihat melalui buku sehingga peserta didik belum cukup optimal dalam memahami pembelajaran. Penyampaian materi juga masih monoton dimana guru menjelaskan secara lisan dan memberikan soal kepada peserta didik kemudian dinilai oleh guru. Media pembelajaran interaktif dinilai dapat membantu penyampaian materi dengan animasi visual, teks bacaan dan audio. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metodologi MDLC memiliki enam tahap yaitu, Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Berdasarkan perancangan dan realisasi media pembelajaran interaktif IPA pada bab Gaya dan Energi yang telah dikerjakan, aplikasi yang dihasilkan dinilai “Sangat Baik” yang diukur dengan pengujian alpha dengan persentase kelayakan sebesar 91%. Maka media pembelajaran interaktif ini layak dijadikan media untuk membantu para tenaga pendidik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, IPA, MDLC, Adobe Animate |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:37 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:37 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |