YANTI, FITRI (2024) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PENGENALAN ORGAN SISTEM EKSRESI MANUSIA PADA SMA NEGERI 1 PALEMBANG BERBASIS ANDROID. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.
|
Text (Cover)
1_PEMBUKAAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
3. BAB II.pdf Download (240kB) |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
6. BAB V.pdf Download (81kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Di era digitalisasi yang terus berkembang, kemajuan teknologi informasi memberikan dampak signifikan dalam memfasilitasi berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Augmented reality (AR) adalah sebuah teknologi yang dimana sistemnya menggabungkan elemen dunia nyata dan virtual dan menampilkannya secara real time. Media AR dapat digunakan dengan visualisasi 3D untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep abstrak, terkhusus pada organ-organ manusia seperti organ pada sistem ekskresi. Oleh karena itu dibuatlah media pembelajaran sistem ekskresi dengan memanfaatkan teknologi augmented reality berbasis android. Sehingga siswa dapat belajar kapan dan di mana saja menggunakan perangkat yang mereka miliki, untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran biologi materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Palembang. Metode pengembangan sistem aplikasi ini adalah Teori model ADDIE. Adapun Teknik pengujian yang digunakan pada aplikasi adalah blakcbox dan kuesioner. Dari hasil pengujian tersebut disimpulkan bahwa aplikasi memberikan peningkatan dalam pemahaman siswa untuk memahami organ sistem ekskresi dan menunjukkan bahwa semua fungsi fitur berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sementara hasil pengujian kuesioner memperoleh hasil dengan index presentasi 86,2%, menyatakan bahwa media pembelajaran sistem ekskresi yang memanfaatkan teknologi augmented reality memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dari segi materi, teknis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem ekskresi, dan dapat digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI di SMA Negeri 1 Palembang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Android, Aplikasi, Sistem Ekskresi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 07:50 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 07:50 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |