GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS MOBILE DENGAN PENDEKATAN VISUAL AUDIOTORY KINESTHETIC (VAK) (STUDI KASUS DI SDN 115 PALEMBANG)

Syahfaj, Faiz Naufal (2025) GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS MOBILE DENGAN PENDEKATAN VISUAL AUDIOTORY KINESTHETIC (VAK) (STUDI KASUS DI SDN 115 PALEMBANG). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
ISI LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi interaktif berbasis mobile untuk memperkenalkan berbagai jenis hewan kepada anak usia dini. Game ini mengadopsi pendekatan Visual Auditory Kinesthetic (VAK), yang disesuaikan dengan gaya belajar anak. Penelitian dilaksanakan di SDN 115 Palembang dan mengikuti siklus pengembangan game (Game Development Life Cycle/GDLC), mulai dari perencanaan, desain, pengembangan, hingga rilis aplikasi. Unity dipilih sebagai mesin pengembangan game karena kemampuannya mendukung animasi interaktif dan multimedia. Dalam game ini, siswa diminta untuk mencocokkan gambar hewan dengan nama mereka melalui aktivitas drag-and-drop, yang dilengkapi dengan suara dan interaksi kinestetik guna mendukung pembelajaran multisensori. Tujuan utama dari pengembangan game ini adalah menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa kelas 1 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media edukasi berbasis game dapat mengatasi keterbatasan metode pembelajaran konvensional serta meningkatkan minat dan pemahaman anak dalam mengenali berbagai jenis hewan. Dengan pendekatan ini, diharapkan anak-anak dapat lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep yang diajarkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Game Edukasi Mobile, VAK, GDLC, Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Manajemen Informatika
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:39
Last Modified: 12 Aug 2025 07:39
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16864

Actions (login required)

View Item View Item