Syahfaj, Faiz Naufal (2025) GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS MOBILE DENGAN PENDEKATAN VISUAL AUDIOTORY KINESTHETIC (VAK) (STUDI KASUS DI SDN 115 PALEMBANG). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Download (710kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (197kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
ISI LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi interaktif berbasis mobile untuk memperkenalkan berbagai jenis hewan kepada anak usia dini. Game ini mengadopsi pendekatan Visual Auditory Kinesthetic (VAK), yang disesuaikan dengan gaya belajar anak. Penelitian dilaksanakan di SDN 115 Palembang dan mengikuti siklus pengembangan game (Game Development Life Cycle/GDLC), mulai dari perencanaan, desain, pengembangan, hingga rilis aplikasi. Unity dipilih sebagai mesin pengembangan game karena kemampuannya mendukung animasi interaktif dan multimedia. Dalam game ini, siswa diminta untuk mencocokkan gambar hewan dengan nama mereka melalui aktivitas drag-and-drop, yang dilengkapi dengan suara dan interaksi kinestetik guna mendukung pembelajaran multisensori. Tujuan utama dari pengembangan game ini adalah menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa kelas 1 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media edukasi berbasis game dapat mengatasi keterbatasan metode pembelajaran konvensional serta meningkatkan minat dan pemahaman anak dalam mengenali berbagai jenis hewan. Dengan pendekatan ini, diharapkan anak-anak dapat lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep yang diajarkan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Game Edukasi Mobile, VAK, GDLC, Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Informatics Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Manajemen Informatika |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:39 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:39 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |