EFEKTIVITAS PEMESANAN DAN PEMBATALAN PADA APLIKASI ACCESS BY KAI STASIUN KERTAPATI PALEMBANG

Haz, Salmaa Nabilah (2025) EFEKTIVITAS PEMESANAN DAN PEMBATALAN PADA APLIKASI ACCESS BY KAI STASIUN KERTAPATI PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
a. Halaman Depan (Cover).pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
a.1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
b. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
c. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
d. BAB III Metodologi Penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
e. BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
f. BAB V Simpulan dan Saran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
g. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
h. Lampiran.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan pemesanan dan pembatalan tiket kereta api melalui aplikasi Access by KAI di Stasiun Kertapati Palembang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pesatnya perkembangan teknologi digital yang berdampak langsung pada sistem layanan transportasi, termasuk digitalisasi pemesanan dan pembatalan tiket secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh dari penumpang di Stasiun Kertapati. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan rumus indeks skor efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Access by KAI dinilai efektif dalam memudahkan proses pemesanan dan pembatalan tiket berdasarkan tiga indikator utama, yaitu kemudahan akses, kecepatan proses, dan keberhasilan transaksi. Indeks skor atau Interpretasi yang diperoleh berada pada rentang kategori sangat efektif, yang mengindikasikan bahwa penggunaan aplikasi ini secara umum telah memenuhi harapan pengguna dari segi fungsionalitas dan kemudahan. Namun, masih terdapat beberapa kendala teknis seperti lambatnya sistem dan kurangnya literasi digital pada sebagian pengguna. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada PT Kereta Api Indonesia agar terus meningkatkan fitur layanan digital, melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi secara berkala, serta memperkuat sistem keamanan dan stabilitas aplikasi untuk menjamin kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Aplikasi Access by KAI, Pemesanan Tiket, Pembatalan Tiket, Transportasi Digital
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Unnamed user with email admbisnis@polsri.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:47
Last Modified: 08 Aug 2025 03:47
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17033

Actions (login required)

View Item View Item