Nurjanah, Kharisma (2025) PERANCANGAN SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK UNTUK SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS MICROSOFT ACCESS DI KANTOR DESA KARYA MULYA KOTA PRABUMULIH. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (540kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (14kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III Keadaan Umum.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V Simpulan dan Saran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Laporan akhir ini membahas perancangan sistem kearsipan elektronik berbasis Microsoft Access di Kantor Desa Karya Mulya Kota Prabumulih. Tujuan dari laporan ini untuk merancang sistem agar proses pencatatan surat dilakukan secara digital, pencarian dan penemuan kembali arsip menjadi lebih cepat serta pengelolaan kearsipan menjadi lebih terorganisir dengan baik, sehingga dapat meminimalisir kehilangan dan kerusakan arsip. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif, karena data yang dikumpulkan bersumber dari wawancara dan dokumentasi di lapangan. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan salah satu staf pemerintahan yang bertugas dalam pencatatan surat serta pengelolaan arsip. Teknik analisis data yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis, dilakukan pengumpulan informasi terkait kebutuhan pengguna dan berdasarkan kondisi sistem manual yang berjalan. Tahap desain berisi perancangan struktur database dan flowchart sistem. Tahap pengembangan dilakukan dengan membangun sistem menggunakan Microsoft Access. Implementasi dilakukan langsung di Kantor Desa dengan memperkenalkan sistem serta di uji langsung oleh pengguna dan tahap evaluasi dilakukan dengan mewawancarai pengguna untuk mengetahui tanggapan dan efektivitas dari sistem yang telah dibuat. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem berjalan sesuai kebutuhan, mempercepat proses pencatatan, mempermudah proses pengelolaan dan pencarian arsip surat serta mengurangi risiko kehilangan data arsip.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Perancangan, Kearsipan Elektronik, Surat Masuk, Surat Keluar, Microsoft Access |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Unnamed user with email admbisnis@polsri.ac.id |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 04:11 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:11 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |