STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Kerupuk Kemplang Maulana 88 Palembang)

Nabihah, Faizah Addien (2025) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Kerupuk Kemplang Maulana 88 Palembang). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III KEADAAN UMUM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penetapan strategi promosi yang tepat merupakan salah satu wujud upaya perusahaan untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan pada Kerupuk Kemplang Maulana 88 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung kepada pelaku usaha, karyawan serta konsumen. Lalu observasi dengan mengamati perilaku dan situasi promosi yang digunakan dan dokumentasi yang dilakukan langsung di tempat Kerupuk Kemplang Maulana 88 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Penjualan seperti diskon, bundling dan hadiah langsung memberikan dorongan pembelian yang signifikan dalam jangka pendek, sementara Penjualan Pribadi berperan penting dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan melalui interaksi langsung. Periklanan juga efektif dalam meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau pasar yang lebih luas. Sinergi antara ketiga elemen promosi tersebut mampu meningkatkan volume penjualan secara signifikan. Beberapa kendala yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi kurangnya pemanfaatan media digital secara optimal, keterbatasan anggaran promosi, serta kurangnya tenaga penjual yang professional. Penelitian ini merekomendasikan agar perusahaan mengoptimalkan program promosi sesuai momen strategis dan meningkatkan kemampuan tenaga penjual agar dapat memberikan pelayanan yang lebih personal dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemplang, Kerupuk, Strategi Promosi, Volume Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 10 Aug 2025 09:26
Last Modified: 10 Aug 2025 09:26
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17098

Actions (login required)

View Item View Item