Sanjaya, Abdhi Karya Prima (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA PELAYANAN SPBU PERTAMINA KOTA PALEMBANG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (914kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (242kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa pada pelayanan SPBU Pertamina di Kota Palembang berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan menurut model ServQual, yaitu tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aspek pelayanan yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa DIII Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya, dengan jumlah sampel sebanyak 86 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan persentase dan interpretasi skor. Penelitian ini dilakukan pada SPBU Pertamina di Kota Palembang secara umum dengan mengambil contoh SPBU di sekitar kampus sebagai referensi kondisi pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata dimensi yaitu Bukti Fisik sebesar 58,9%, Keandalan sebesar 57,1%, Daya Tanggap sebesar 56,5%, Jaminan sebesar 59,3%, dan Empati sebesar 59,3%. Aspek yang perlu ditingkatkan adalah keakuratan takaran BBM, pengelolaan antrian, dan pemahaman petugas terhadap permasalahan pelanggan. Selain itu, beberapa aspek seperti tata letak SPBU, kesiapsiagaan petugas, dan keamanan dan kenyamanan lingkungan SPBU perlu dipertahankan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara umum mahasiswa merasa cukup puas dengan pelayanan SPBU Pertamina Kota Palembang. Selain itu, SPBU Pertamina Kota Palembang perlu mempertahankan aspek pelayanan yang telah dinilai baik serta melakukan peningkatan pada aspek pelayanan yang masih dirasa kurang oleh mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Mahasiswa, SPBU Pertamina Kota Palembang, Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Unnamed user with email admbisnis@polsri.ac.id |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:02 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |