ANALISIS PENGELOLAAN ADMINISTRASI PENJUALAN PADA PT SILAMPARI LUBUK LINGGAU

Ilyas, Putra Nopan (2025) ANALISIS PENGELOLAAN ADMINISTRASI PENJUALAN PADA PT SILAMPARI LUBUK LINGGAU. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (Bab II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
BAB III KEADAAN UMUM DAN PERUSAHAAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Laporan akhir ini berjudul "Analisis Pengelolaan Administrasi Penjualan pada PT Silampari Lubuk Linggau" yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses administrasi penjualan dijalankan, kendala yang dihadapi, serta usulan perbaikannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan administrasi penjualan masih bersifat manual dan semi-digital, pencatatan transaksi dilakukan menggunakan buku besar dan Mikrosoft Excel tanpa sistem yang terintegrasi. Selain itu, dokumen penting seperti kontrak jual beli dan kwitansi disimpan dalam bentuk fisik sehingga rawan hilan atau rusak, dan pencariannya memakan waktu. Ketiadaan SOP tertulis membuat proses kerja sangat bergantung pada kebiasaan staf, sehingga berpotensi memunculkan inkonsistensi. Koordinasi antarbagian juga masih berjalan informal dan tidak terdokumentasi, sering menimbulkan miskomunikasi yang berdampak pada keterlambatan pelayanan dan laporan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan administrasi penjualan belum berjalan optimal, berdampak pada rendahnya efisiensi, risiko kesalahan pencatatan, dan penurunan kualitas pelayanan. Penulis merekomendasikan penerapan sistem digital terintegrasi untuk pencatatan dan pengarsipan dokumen, serta penyusunan SOP tertulis sebagai pedoman buku demi meningkatkan akurasi, efisiensi kerja, dan kualitas pelayanan. Kata kunci: Administrasi penjualan, digitalisasi, SOP

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: administrasi penjualan, digitalisasi, SOP
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Nora Sartika
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:30
Last Modified: 07 Aug 2025 04:30
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17223

Actions (login required)

View Item View Item