Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi pada UMKM Roti Panas Kito

Dita, Riyana Imanika (2025) Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi pada UMKM Roti Panas Kito. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text (Lampiran I)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Laporan Akhir ini berjudul “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial. Instagram sebagai Sarana Media Promosi pada UMKM Roti Panas Kito.” Penelitian ini dilakukan di UMKM Roti Panas Kito yang beralamat di Jl. Brigjen Hasan Kasim, Celentang, Palembang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh belum maksimalnya hasil promosi digital yang dilakukan, meskipun Instagram telah digunakan sebagai media promosi utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana promosi pada UMKM Roti Panas Kito. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi dilakukan melalui berbagai langkah, seperti pengubahan akun menjadi akun bisnis, pembaruan bio, peningkatan kualitas visual, penggunaan caption dan hashtag yang relevan, serta pemanfaatan sorotan cerita. Selain itu, penulis juga merekomendasikan penggunaan Instagram Ads sebagai strategi lanjutan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan fitur Instagramsecara strategis dapat meningkatkan efektivitas promosi dan visibilitas merek, serta membuka peluang perluasan pasar bagi UMKM di era digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Optimalisasi, Media Sosial, Instagram.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: dinda a.p Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:05
Last Modified: 13 Aug 2025 02:05
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17413

Actions (login required)

View Item View Item