PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) SUMATERA SELATAN

Maliku, Fajri Al (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna LRT di Sumatera Selatan. Objek penelitian berlokasi di Jalan Noerdin Pandji, Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, yang merupakan salah satu jalur utama operasional LRT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan data yang akurat dan relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dengan penyebaran kuesioner kepada para pengguna LRT Sumatera Selatan. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh pengguna LRT, sedangkan sampel penelitian diambil dari pengguna aktif yang memanfaatkan layanan transportasi LRT dalam jangka waktu tertentu. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu uji instrumen untuk mengukur validitas dan reliabilitas kuesioner, uji asumsi klasik untuk memastikan data memenuhi syarat regresi, uji hipotesis untuk menguji hubungan antar variabel, serta analisis regresi sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna LRT Sumatera Selatan. Berdasarkan temuan tersebut, pihak pengelola LRT diharapkan dapat mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui perbaikan sarana, prasarana, dan aspek pelayanan lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi umum yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: dinda a.p Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:53
Last Modified: 15 Aug 2025 02:53
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17789

Actions (login required)

View Item View Item