SISTEM EVALUASI KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN PROV. SUMATERA SELATAN BERBASIS WEB DENGAN METODE SENTIMENT ANALYSIS

Agustina, Ahaddyah Dwi (2025) SISTEM EVALUASI KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN PROV. SUMATERA SELATAN BERBASIS WEB DENGAN METODE SENTIMENT ANALYSIS. Diploma thesis, Politeknik Negri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (cover)
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BabI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text (Bab II)
BabII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text (Bab III)
BabIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text (Bab IV)
BabIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BabV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan peluang besar bagi instansi pemerintah, termasuk perpustakaan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satu aspek penting dalam meningkatkan layanan adalah memahami tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem evaluasi kepuasan pengunjung perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan berbasis web yang dilengkapi dengan fitur sentiment analysis. Sistem ini dikembangkan untuk memungkinkan pengumpulan, pengolahan, dan analisis otomatis terhadap ulasan atau masukan pengunjung yang diketik dalam bentuk teks. Analisis sentimen dilakukan menggunakan algoritma Naive Bayes, yang mampu mengklasifikasikan masukan pengunjung ke dalam kategori sentimen positif, negatif, atau netral secara otomatis dan cepat. Dalam proses pengembangan sistem, digunakan metode Waterfall yang terdiri dari lima tahapan utama, yaitu: analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem ini dibangun menggunakan teknologi web agar dapat diakses oleh pengguna secara luas dan fleksibel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode black box dan evaluasi akurasi dari model Naive Bayes terhadap data ulasan pengunjung yang dikumpulkan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem ini tidak hanya mempermudah pengelola perpustakaan dalam memantau kepuasan pengunjung, tetapi juga memberikan gambaran yang lebih jelas dan terstruktur mengenai sentimen pengunjung secara real time.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Sistem Evaluasi, Sentiment Analysis, Naive Bayes, Waterfall, Kepuasan Pengunjung, Perpustakaan, Web.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Manajemen Informatika
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:43
Last Modified: 15 Sep 2025 02:43
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item View Item