Algifari, Dimas Rian (2025) Implementasi Media Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus: SMA RA Kartini Palembang). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (747kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Seiring dengan kemajuan teknologi, metode pembelajaran mengalami berbagai inovasi guna meningkatkan efektivitas dalam penyampaian materi. Salah satu inovasi tersebut adalah Augmented Reality. Penggunaan Augmented Reality dapat mendukung berbagai tindakan, cara representasi dan berbagai cara melibatkan siswa dalam proses mengajar. Hal tersebut dapat mendukung untuk mengatasi masalah yang ada di SMA RA Kartini Palembang seperti metode pembelajaran yang sekedar ceramah, merangkum dan menjawab soal-soal saja yang mengakibatkan pada kurangnya ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan seperti pada mata pelajaran biologi sehingga fokus siswa mudah teralihkan dengan hal lain. Untuk itu, penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality bisa menjadi cara untuk memperluas metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan menggunakan objek biologi 3 dimensi seperti memutar dan melihat objek lebih dekat. Materi struktur sel hewan dan tumbuhan dipilih karena sesuai dengan pengaplikasian Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dengan Skala Likert untuk mengukur tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dibuat. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA RA Kartini Palembang. Tak hanya itu, kuesioner yang berbeda juga akan diberikan untuk mengetahui tanggapan dari ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran yang telah dibuat. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah diberikan, tanggapan dari ahli materi mendapatkan nilai 82%, ahli media menghasilkan persentase nilai 86,43%, serta tanggapan dari siswa menghasilkan persentase hasil 83,57%. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran berbasi Augmented Reality masuk dalam kategori “Sangat Baik” sehingga dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan masih memiliki ruang untuk terus dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Biologi, MDLC |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 03:55 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 03:55 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |