PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN TOL BAYUNG LENCIR – TEMPINO SEKSI 2 STA 123+800 – 130+900 KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN

Fiqi, Muhammad and Putri, Chantika Belinda (2025) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN TOL BAYUNG LENCIR – TEMPINO SEKSI 2 STA 123+800 – 130+900 KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text (Lampiran I)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122MB)
[img] Text (Full)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)

Abstract

Partisipasi dalam penggunaan jalan kian bertambah tiap harinya, sehingga terjadinya pemadatan di suatu titik area yang tidak dapat dihindari. Proyek Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino di Kabupaten Musi Banyuasin memberikan harapan kepada pengguna jalan yang menjadi salah satu titik vital dalam pengguna Jalan Lintas Sumatera, dimana dengan pembangunan tersebut memberikan manfaat berupa penegakkan mobilitas dan menunjang laju pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Proyek Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino di Kabupaten Musi Banyuasin menggunakan jenis perkerasan kaku (rigid pavement) di golongkan sebagai Jalan Arteri Kelas I dengan 23.517,807 SMP/Hari yang dirancang mulai dari STA 123+800 – 130+900 sepanjang 7.100 meter. Jalan ini diklasifikasikan sebagai tipe jalan 4/2 T dengan lebar badan jalan 4 x 3,5 meter dan Total Bahu Jalan 6 meter. Dari hasil perhitungan jalan ini termasuk medan yang datar dengan kecepatan rencana 100 km/jam. Perencanaan geometrik alinyemen horizontal mencangkup 6 tikungan yang teridiri dari 3 Tikungan Full Circle (FC) dan 3 Tikungan Spiral Circle Spiral (SCS), serta alinyemen vertical mencangkup 12 lengkung vertikal yang teridiri dari 5 lengkung vertikal cekung dan 7 lengkung vertical cembung. Perkerasan yang digunakan yaitu tipe perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan (JRCP), menggunakan beton fs’ 45 dengan tebal pelat beton 30 cm, Lean Concrete 15 cm, Lapis Pondasi Agregat kelas A 15 cm, dan stabilisasi tanah 20 cm. desain saluran tepi yang digunakan berbentuk Precat U-dith persegi dengan ukuran 100 x 100 cm, dan dilengkapi dengan 5 Box Culvert berukuran 100 x 150 cm. Total Pembangunan biaya ini diperkirakan sebesar Rp426.006.533.040,00 (Empat Ratus Dua Puluh Enam Milyar Enam Juta Lima Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Empat Puluh Rupiah) dengan waktu pelaksanaan 430 hari kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Pertumbuhan Ekonomi, Perencanaan Geometrik Alinyemen, Perkerasan Kaku, Rencana Anggaran Biaya
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Sipil
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:34
Last Modified: 12 Aug 2025 02:34
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18062

Actions (login required)

View Item View Item