Kurniawan, Muhamad Alif (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME EDUKASI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (722kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembelajaran dengan cara konvensional sering membuat siswa merasa bosan, kurang fokus, dan kehilangan minat belajar, terutama pada pembelajaran Bahasa Inggris tingkat intermediate. Dikarenakan siswa dengan tingkat intermediate sudah mulai mempelajari materi yang cukup sulit, sehingga menyebabkan siswa menjadi tidak fokus dan tidak aktif di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis game edukasi digital bertema petualangan bajak laut dengan mengintegrasikan materi yang sesuai dengan siswa tingkat intermediate, serta untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) versi Sugiyono yang tahapannya telah dipersingkat menjadi enam tahapan sesuai dengan kebutuhan penelitian, dengan menggabungkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cylce (MDLC). Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis game edukasi yang bernama The Greatest Pirates. Berdasarkan hasil dari tahap pengujian Black-Box menunjukkan bahwa, seluruh fitur dan tampilan yang dirancang pada media pembelajaran berbasis game edukasi tersebut sudah sesuai dan berhasil dibuat berdasarkan tahap perancangan. Selain itu, berdasarkan hasil dari pengujian alpha yang merupakan tahap validasi desain yang dilakukan ahli media dan ahli materi, mendapatkan hasil persentase 86% dari ahli media yang termasuk dalam kategori sangat layak dan 80% dari ahli materi yang termasuk dalam kategori layak. Sejalan dengan hasil validasi desain, hasil pengujian beta yang merupakan tahap uji coba produk yang dilakukan untuk mengetahui respon pengguna terhadap media pembelajaran berbasis game edukasi tersebut yang dilakukan oleh 40 siswa level intermediate pada Gloria English Course menunjukkan tingkat persentase 75% yang termasuk dalam kategori layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Game Edukasi, Bahasa Inggris |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:15 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:15 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |