PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME EDUKASI

Kurniawan, Muhamad Alif (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME EDUKASI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran dengan cara konvensional sering membuat siswa merasa bosan, kurang fokus, dan kehilangan minat belajar, terutama pada pembelajaran Bahasa Inggris tingkat intermediate. Dikarenakan siswa dengan tingkat intermediate sudah mulai mempelajari materi yang cukup sulit, sehingga menyebabkan siswa menjadi tidak fokus dan tidak aktif di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis game edukasi digital bertema petualangan bajak laut dengan mengintegrasikan materi yang sesuai dengan siswa tingkat intermediate, serta untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) versi Sugiyono yang tahapannya telah dipersingkat menjadi enam tahapan sesuai dengan kebutuhan penelitian, dengan menggabungkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cylce (MDLC). Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis game edukasi yang bernama The Greatest Pirates. Berdasarkan hasil dari tahap pengujian Black-Box menunjukkan bahwa, seluruh fitur dan tampilan yang dirancang pada media pembelajaran berbasis game edukasi tersebut sudah sesuai dan berhasil dibuat berdasarkan tahap perancangan. Selain itu, berdasarkan hasil dari pengujian alpha yang merupakan tahap validasi desain yang dilakukan ahli media dan ahli materi, mendapatkan hasil persentase 86% dari ahli media yang termasuk dalam kategori sangat layak dan 80% dari ahli materi yang termasuk dalam kategori layak. Sejalan dengan hasil validasi desain, hasil pengujian beta yang merupakan tahap uji coba produk yang dilakukan untuk mengetahui respon pengguna terhadap media pembelajaran berbasis game edukasi tersebut yang dilakukan oleh 40 siswa level intermediate pada Gloria English Course menunjukkan tingkat persentase 75% yang termasuk dalam kategori layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Bahasa Inggris
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:15
Last Modified: 02 Oct 2025 08:15
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18165

Actions (login required)

View Item View Item