PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TOUR LEADER DAN HARGA PAKET WISATA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MAROGAN TOUR AND TRAVEL PALEMBANG

Rivaldo, Muhammad Yoga (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TOUR LEADER DAN HARGA PAKET WISATA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MAROGAN TOUR AND TRAVEL PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan tour leader dan harga paket wisata terhadap kepuasan pelanggan pada PT Marogan Tour and Travel Palembang. Latar belakang penelitian didasari oleh meningkatnya jumlah pelanggan biro perjalanan tersebut selama tiga tahun terakhir, yang menunjukkan potensi pengaruh dari aspek pelayanan dan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 99 responden yang merupakan pelanggan PT Marogan Tour and Travel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, serta uji t dan uji F untuk menguji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan tour leader dan harga paket wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, kedua variabel independen tersebut juga memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan oleh tour leader dan strategi penetapan harga yang sesuai dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan dan menyusun strategi harga yang lebih kompetitif demi mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga Paket Wisata, Kepuasan Pelanggan, PT Marogan Tour and Travel
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:13
Last Modified: 04 Sep 2025 02:13
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19163

Actions (login required)

View Item View Item