Putri, Adelia Septiani (2025) GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN ALAM SUMATERA SELATAN BERBASIS ROLE-PLAYING GAME PADA SDN 186 PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
This is the latest version of this item.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (854kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan budaya dan alam yang perlu dikenalkan sejak dini kepada generasi muda, termasuk Provinsi Sumatera Selatan. Namun, proses pembelajaran budaya di sekolah dasar masih banyak dilakukan secara konvensional dan minim inovasi. Game edukasi menjadi salah satu pendekatan alternatif yang dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Role-Playing Game (RPG) sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa kelas 5 dalam mengenal budaya dan alam Sumatera Selatan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC) model Heather Maxwell Chandler, yang mencakup tahapan pra-produksi, produksi, pengujian, dan pascaproduksi. Game ini dirancang dengan mengadopsi konsep RPG, yang mencakup elemen permainan peran, eksplorasi wilayah dalam mempelajari materi, alur cerita yang menyatu dalam gameplay, serta tantangan kuis sebagai bentuk penguatan pemahaman. Pengujian alpha dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aspek materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 93,33%, sedangkan aspek media mencapai 87,78%, yang keduanya tergolong dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya, pada tahap pengujian beta yang melibatkan 31 siswa kelas 5, diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 61,43% dengan interpretasi “cukup efektif”. Hasil ini menunjukkan bahwa game yang dikembangkan layak digunakan dan mampu membantu siswa dalam mengenal budaya dan alam Sumatera Selatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Budaya, Sumatera Selatan, Role-Playing Game, GDLC |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:30 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:30 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19485 |
Available Versions of this Item
-
GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN ALAM SUMATERA SELATAN BERBASIS ROLE-PLAYING GAME PADA SDN 186 PALEMBANG. (deposited UNSPECIFIED)
- GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN ALAM SUMATERA SELATAN BERBASIS ROLE-PLAYING GAME PADA SDN 186 PALEMBANG. (deposited 09 Sep 2025 04:30) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |