GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN ALAM SUMATERA SELATAN BERBASIS ROLE-PLAYING GAME PADA SDN 186 PALEMBANG

Putri, Adelia Septiani (2025) GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN ALAM SUMATERA SELATAN BERBASIS ROLE-PLAYING GAME PADA SDN 186 PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan budaya dan alam yang perlu dikenalkan sejak dini kepada generasi muda, termasuk Provinsi Sumatera Selatan. Namun, proses pembelajaran budaya di sekolah dasar masih banyak dilakukan secara konvensional dan minim inovasi. Game edukasi menjadi salah satu pendekatan alternatif yang dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Role-Playing Game (RPG) sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa kelas 5 dalam mengenal budaya dan alam Sumatera Selatan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC) model Heather Maxwell Chandler, yang mencakup tahapan pra-produksi, produksi, pengujian, dan pascaproduksi. Game ini dirancang dengan mengadopsi konsep RPG, yang mencakup elemen permainan peran, eksplorasi wilayah dalam mempelajari materi, alur cerita yang menyatu dalam gameplay, serta tantangan kuis sebagai bentuk penguatan pemahaman. Pengujian alpha dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aspek materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 93,33%, sedangkan aspek media mencapai 87,78%, yang keduanya tergolong dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya, pada tahap pengujian beta yang melibatkan 31 siswa kelas 5, diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 61,43% dengan interpretasi “cukup efektif”. Hasil ini menunjukkan bahwa game yang dikembangkan layak digunakan dan mampu membantu siswa dalam mengenal budaya dan alam Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Budaya, Sumatera Selatan, Role-Playing Game, GDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:30
Last Modified: 09 Sep 2025 04:30
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19485

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item