ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PROGRAM PEMERINTAH SWASEMBADA PANGAN

Putri, Dwi Jelasi (2025) ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PROGRAM PEMERINTAH SWASEMBADA PANGAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ketahanan pangan merupakan isu strategis yang menjadi fokus utama dalam pembangunan nasional. Namun, masih rendahnya literasi masyarakat terhadap program swasembada pangan menuntut adanya media edukasi yang komunikatif dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan animasi 2D sebagai media pengenalan program swasembada pangan yang dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Proses pengembangan dilakukan melalui enam tahapan, yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Evaluasi efektivitas animasi dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu metode EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, Communication) dan penilaian ahli dari mitra Bidang Humas Multimedia Polda Sumatera Selatan. Hasil pengujian menunjukkan nilai EPIC sebesar 4,33 dari skala 5 (kategori sangat efektif), serta penilaian ahli sebesar 100% kelayakan media. Dengan demikian, animasi 2D ini dinilai sangat efektif sebagai media edukatif dan layak digunakan dalam menyosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat, khususnya di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Swasembada Pangan, MDLC, EPIC, Media Edukasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:19
Last Modified: 09 Sep 2025 06:19
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19790

Actions (login required)

View Item View Item